Tren Belanja Online Konsumen Indonesia Bergeser ke Produk Bernilai Jangka Panjang | IVoox Indonesia

December 19, 2025

Tren Belanja Online Konsumen Indonesia Bergeser ke Produk Bernilai Jangka Panjang

Foto 1 (4)
Illustrasi belanja 12.12 Lazada. IVOOX.ID/doc Lazada

IVOOX.id – Konsumen Indonesia masih menunjukkan minat belanja yang kuat, meski dengan pendekatan yang semakin selektif dan berorientasi pada nilai jangka panjang. Tren ini tercermin dari kinerja LazMall, kanal resmi Lazada untuk brand terverifikasi, yang mencatat lonjakan penjualan sekitar 600% dibandingkan hari biasa selama festival belanja Lazada 12.12 Promo Habis-Habisan. Tren ini terlihat pada konsumen dari kelompok keluarga muda yang memanfaatkan promo festival belanja yang berbaringan dengan meomen menjelang akhir tahun.

CEO Lazada Indonesia, Carlos Barrera, menilai pola belanja selama periode 12.12 memperlihatkan pergeseran yang kian jelas ke arah produk berkualitas dan tahan lama. “Kondisi ekonomi saat ini mendorong konsumen untuk lebih berfokus pada kualitas dan ketahanan produk. Konsumen, terlebih keluarga muda, memanfaatkan momen akhir tahun untuk berinvestasi pada barang-barang yang meningkatkan kenyamanan hidup, baik rumah tangga maupun personal, kini dan nanti. Dengan demikian, mereka memastikan bahwa mereka mengoptimalkan setiap rupiah yang mereka belanjakan,” ujar Carlos dalam keterangan resmi yang diterima Ivoox.id Rabu (17/12/2025).

Commercial Director Lazada Indonesia, Erika Agustine menjelaskan bahwa konsumen memanfaatkan promo 12.12 untuk membeli produk yang benar-benar fungsional dan dapat digunakan dalam jangka panjang. “Kami melihat pelanggan membeli produk-produk yang benar-benar fungsional dan tahan lama, mulai dari elektronik rumah tangga seperti televisi dan peralatan dapur premium seperti panci non-stick, hingga perkakas untuk kebutuhan do-it-yourself (DIY). Bahkan di kategori fesyen, pelanggan cenderung memilih produk yang tidak lekang waktu dan mendukung aktivitas harian, seperti sepatu lari dan celana jeans,” kata dia.

Dari sisi kategori, produk kecantikan dan kebutuhan rumah tangga mencatat pertumbuhan tertinggi, naik sekitar 710 pesen didorong tingginya permintaan produk esensial seperti face wash dan sunscreen. Subkategori ibu dan anak juga menunjukkan kinerja kuat, khususnya popok ukuran besar yang banyak digunakan keluarga muda. Kategori fesyen tumbuh sekitar 610 persen didominasi produk fungsional seperti sepatu olahraga dan jeans, seiring meningkatnya tren hidup aktif.

Kategori perlengkapan rumah dan hobi meningkat sekitar 540 persen mencerminkan maraknya gaya hidup DIY dan kebutuhan hunian yang lebih nyaman. Sementara itu, kategori elektronik mencatat pertumbuhan sekitar 230 persen menegaskan perannya sebagai kebutuhan utilitas jangka panjang, bukan sekadar pembelian impulsif.

Selain produk, pemanfaatan fitur berbasis kecerdasan buatan juga meningkat. Interaksi pelanggan dengan AI Lazzie melonjak lebih dari 100% selama periode 12.12, dengan nilai transaksi melalui fitur tersebut naik lebih dari 40%. Menutup rangkaian promo akhir tahun, Erika menegaskan, “Dengan keluarga muda dan pembelanja aspiratif sebagai penggerak utama eCommerce Indonesia, Lazada berkomitmen untuk terus menghadirkan program belanja yang mendukung peningkatan kualitas hidup secara berkelanjutan," ujarnya. 

0 comments

    Leave a Reply