Mengenal Sosok Minarni Soedarjanto di Google Doodle Hari Ini

IVOOX.id, Jakarta – Mungkin banyak yang tidak mengenal nama Minarni Soedarjanto, namun siapa sangka dia pernah menjadi salah satu atlet bulu tangkis Indonesia yang ditakuti dunia.

Hari ini, Google merayakan hari ulang tahun Minarni Soedarjanto dalam bentuk doodle, menunjukan betapa mengerikannya Minarni di masa kejayaannya.

Minarni Soedarjanto menjadi atlet andalan Indonesia pada era 1959 hingga pertengahan 1970-an, seangkatan dengan Ang Tjing Sian (Muljadi) dan Rudy Hartono.

Sederet prestasi telah ia raih, mulai dari Malaysia terbuka, All England, Kanada Terbuka, Amerika Serikat Terbuka, Asian Games, serta Piala Uber.

Minarni juga menjadi pemain bulu tangkis putri Indonesia pertama yang dapat mencapai babak final kejuaraan All England.

BACA JUGA: Google Doodle Menampilkan Katy Jurado, Siapakah Dia?

Untuk pertama kalinya bagi Indonesia, Piala Uber menjadi milik Ibu Pertiwi. Minarni dan Regina berhasil mempersempahkannya setelah berhasil mengalahkan Jepang dengan skor 5-2.

Setelah pensiun, Minarni mengabdikan dirinya untuk menjadi pelatih bulu tangkis di pelatnas dan masuk dalam organisasi PB PBSI.

BACA JUGA: Mengenal Sosok Bagong Kussudiardja di Google Doodle

Minarni meninggal dunia dalam usia 59 tahun di RS Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta Selatan pada 14 Mei 2003 karena komplikasi radang paru-paru dan lever.

Sebelum masa kejayaan Susi Susanti dan Liliyana Natsir, Indonesia telah memiliki srikandi yang mengharumkan nama Indonesia dan membuat dunia bulu tangkis Indonesia selalu ditakuti oleh negara lain