September 21, 2019

Google Doodle Menampilkan Katy Jurado, Siapakah Dia?

IVOOX.id, Jakarta – Pada hari ini, Selasa (16/01/2018) Google Doodle menampilkan sosok wanita yang sedang memegang setangkai bunga merah dengan memakai pakaian hitam bernama Katy Jurado.

Hari ini adalah ulang tahun ke-94 María Cristina Estela Marcela Jurado García atau lebih dikenal dengan nama Katy Jurado yang memiliki profesi sebagai aktris. Ia lahir di Guadalaraja, Meksiko pada 16 Januari 1924.

Katy mengawali karirnya pada tahun 1943 di Meksiko, saat itu ia bermain dalam film La vida inutil de Pito dan berperan sebagai “femme fatale” yang diktahui memiliki karakter rumit dan jahat. Namun Katy berhasil memerankannya dengan baik dan menjadi salah satu film terbaik di masanya.

Selama tahun 1940an dan awal 1950an, era yang disebut “Golden Age of Mexican cinema”.

Pada tahun 1951 ia ditemukan di Meksiko oleh pembuat film Budd Boetticher dan memulai karir Hollywood-nya di film The Bullfighter & the Lady.

Dia berperan dalam film-film Barat pada tahun 1950-an dan 1960an, termasuk High Noon (1952), Arrowhead (1953), Broken Lance (1954), Jacks One-Eyed (1960), dan Pat Garrett dan Billy the Kid (1973).

Dia adalah aktris Amerika Latin pertama yang dinominasikan untuk Academy Award, sebagai Aktris Pendukung Terbaik untuk pekerjaannya di Broken Lance, dan merupakan orang pertama yang memenangkan Golden Globe Award atas penampilannya di High Noon.

Diketahui bahwa Katy muda dilarang oleh keluarganya untuk terjun ke dunia akting, namun dengan tekad yang kuat ia pun nekat untuk melakukan kontrak pertamanya tanpa ada keluarga yang mengetahuinya.

Sepanjang karirnya, Katy telah membintangi lebih dari 70 film Amerika dan Meksiko dalam kurun waktu 30 tahun. [mh]

0 comments

    Leave a Reply