Mengenal Sosok Bagong Kussudiardja di Google Doodle Hari Ini

Bagong Kussudiardja di halaman utama Google. (Google.com)

ivooxid, Jakarta – Pada hari ini, Senin (9/10/17) Google Doodle merayakan ulang tahun ke-89 salah satu tokoh dari Indonesia yang bernama Bagong Kussudiardja. Siapakah beliau?

Terlihat pada halaman google ada seorang pria yang sedang memegang kuas cat dengan latar belakang lukisan para penari memakai macam-macam pakaian yang berbeda yang terinspirasi dari karya milik bagong kussudiardja sendiri.

Bagong sendiri lahir di kota Yogyakarta pada tahun 1954, ia mulai berkenalan dengan dunia seni melalui Sekolah Tari Kredo Bekso Wiromo yang kala itu dipimpin oleh Pangeran Tedjokusumo.

Bagong juga pernah berlatih tari Jepang dan India, lalu mempelajari koreografi dengan koreografer legendaris bernama Martha Graham di AS pada tahun 1957 sampai 1958.

Saat mempunyai bekal yang dirasa cukup, Bagong kemudian mendirikan Puat Latihan Tari (PLT) pada 5 Maret 1958 dan juga Padepokan Seni Bagong Kussudiardja pada 2 Oktober 1978 di Yogyakarta.

Bagong merupakan ayah dari Butet Kertaredjasa dan Djaduk Ferianto. Selain menari, Bagong juga menekuni dunia lukis dan juga bermain film. Salah satu film yang dibintanginnya adalah Kugapai Cintamu pada tahun 1985.

Bagong pernah melakukan perjalanan ke tujuh Negara Eropa selama lima bulan bersama 14 penari pada Desember 1984. Selama perjalanan itu, Bagong telah mengadakan 69 kegiatan yang dirangkum dalam pentas seni, seminar, lokakarya, pameran batik, dan demonstrasi melukis batik.

Bagong meninggal di Yogyakarta pada tanggal 15 Juni 2004 pada umur 75 tahun.