Naik 9,5%, AP II Layani 115 Juta Penumpang Sepanjang 2018 | IVoox Indonesia

August 16, 2025

Naik 9,5%, AP II Layani 115 Juta Penumpang Sepanjang 2018

ARUS-BALIK-BANDARA-SOETA-
Penumpang antri untuk mendapatkan moda transportasi sesaat setelah tiba di Terminal Domestik, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Minggu (10/7). PT Angkasa Pura II, sebagai pengelola Bandara Soekarno-Hatta, memprediksi puncak arus balik di Soekarno-Hatta akan terjadi dua kali, yakni Minggu (10/7) dan pada Minggu 17 Juli 2016 karena ada libur Lebaran dan libur sekolah. Rata-rata terdapat 180.000 penumpang per hari dan terdapat peningkatan penumpang sebesar 9 persen baik berangkat maupun tiba, pada musim libur Lebaran tahun ini.

IVOOX.id, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II sepanjang Januari-Desember 2018 telah melayani hingga 115 juta penumpang, melonjak 9,5 persen dibanding periode sama tahun 2017 sebanyak 105 juta penumpang.

"Sejalan dengan visi perusahaan menjadi ‘The Best Smart Connected Airport Operator in Region’, AP II terus berkomitmen memberikan yang terbaik bagi masyarakat, baik dari sisi ‘hard infrastructure’ dan ‘soft infrstructure’ melalui digital platform untuk memberikan airport digital journey experience yang mengesankan bagi para penumpang,” kata Presiden Director AP II Muhammad Awaluddin di Jakarta dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/1).

Dia menjelaskan, pelayanan maksimal selalu diberikan oleh AP II melalui bandara-bandara yang dikelola selama tahun 2018. Korporasi turut berpartisipasi dalam mengadakan acara yang bersifat lintas negara seperti menjadi Official Supplier dalam Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 melalui penyediaan fasilitas bandara serta para petugas yang selalu siap membantu para atlet dan ofisial.

Pencapaian sepanjang tahun 2018 ini seiring dengan langkah transformasi menuju “Angkasa Pura II Giant Dream 2020” dengan tema RKAP 2018 Airports Grow Faster 2018 melalui tiga program utama yaitu Accelerated Revenue Growth, On Becoming 1 Million Aircraft Movements dan Implementasi Digital Journey Experience di seluruh bandara AP II.

Dari sisi pelayanan terhadap para pengguna jasa, AP II mengembangkan digital mobile yaitu aplikasi Indonesia Airport App yang merupakan aplikasi layanan digital yang akan membantu penumpang untuk mendapatkan informasi dengan mudah terkait dengan fasilitas-fasilitas yg ada di Bandara yang dikelola AP II.

Adanya fasilitas Self-Baggage Drop Check-In dan Mobile Assistant Check-In di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hadirnya Airport Digital Lounge yang merupakan One-Stop Service pelayanan informasi bagi penumpang, demikian dirilis Antara.

Tidak hanya itu, akses transportasi di bandara maupun menuju bandara juga terus dikembangkan seperti beroperasinya Skytrain yang menghubungkan Terminal 1, 2 dan 3 serta adanya Kereta Bandara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, beroperasinya Kereta Bandara Minangkabau Ekspress di Bandara Internasional Minangkabau – Padang serta beroperasinya Light Rail Transit (LRT) di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang.

0 comments

    Leave a Reply