Edisi Kebangkitan Nasional

Bersatu dan Berkolaborasi Hadapi Industri 4.0

Ilustrasi: Kementrian Perindustrian RI

IVOOX.id – Perekonomian dunia menghadapi distrupsi, teknologi mendorong perubahan revolusioner. Saatnya Indonesia fokus bersatu dan berkolaborasi menghadapi Era Industri 4.0.

Pemerintah sudah menyusun strategi untuk menghadapi perubahan mendasar dalam pola bisnis global dewasa ini. Untuk menghadapi Era Industri 4.0 telah menetapkan sepuluh langkah prioritas nasional untuk mengimplementasikan peta jalan yang di beri judul Making Indonesia Industri 4.0.

Strategi pertama adalah memperbaiki alur aliran barang dan material. Pemerintah akan berupaya memperkuat produksi lokal pada sektor hulu serta menengah melalui peningkatan kapasitas dan percepatan adopsi teknologi.

BACA JUGA: Kedaulatan Energi, Untuk Kedaulatan NKRI

Kedua, pemerintah berusaha mengoptimalkan kebijakan zona-zona industri dengan menyelaraskan peta jalan di sektor-sektor industri. Semua dilihat secara komperhensif dari aspek geografis, aspek transportasi, infrastruktur, dan lainnya.

Kemudian yang Ketiga, pemerintah akan mengakomodasi standar keberlanjutan, seperti kemampuan industri berbasis teknologi bersih, tenaga listrik, biokimia, serta energi terbarukan.

Yang Keempat, pemberdayaan UMKM. Sektor ini memiliki daya tahan yang lebih khususnya ketika menghadapi kondisi krisis.

Kelima pemerintah akan membangun infrastruktur digital nasional. Dalam hal ini, akan ada pembangunan Internet berkecepatan tinggi dan kerja sama di bidang teknologi digital, seperti cloud, data center, security management, dan infrastruktur broadband. Tahun 2019 ini Pembangunan palapa ring ditargetkan selesai, sehingga harapannya Indonesia dapat terkoneksi dengan baik.

Usaha keenam antara lain menarik investasi asing. Harapannya ini dapat mendorong transfer teknologi ke perusahaan lokal.

Kemudian upaya ketujuh, pemerintah akan membangun kualitas sumber daya manusia dengan meningkatkan kualitas sekolah kejuruan. Pemerintah serius mengembangkan jalur Pendidikan vokasi. Pemerintah juga sedang membuat mapping Pendidikan vokasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan potensi masing-masing daerah.

Kedelapan sedang dipersiapkan percontohan pusat inovasi dan mengoptimalkan regulasi terkait. Perlindungan hak atas kekayaan intelektual dan insentif fiskal merupakan bagian di di dalamnya

Strategi kesembilan akan diberikan insentif untuk investasi teknologi, yaitu mendesain ulang rencana insentif adopsi teknologi. Apresiasi ini dilakukan untuk mendorong terjadinya alih teknologi ke dalam negeri.

Kemenperin.go.id

Yang terakhir atau yang kesepuluh, akan dilakukan langkah harmonisasi antara aturan dan kebijakan untuk mendukung revolusi industry 4.0. Hal ini penting dilakukan agar kepentingan masyarakat tetap terjaga.

Revolusi industri 4.0 menekankan pada kecepatan, artificial intelligence, big data, advance robotic. Selain modal, faktor penting lainnya adalah sumber daya manusia yang mumpuni untuk menghadapi kebutuhan revolusi industri.

Saatnya seluruh stakeholders Industri 4.0 bersatu dan saling berkolaborasi untuk menjadikan era ini menjadi kunci kejayaan Indonesia. Era Industri 4.0 bagai pedang bermata dua, di satu sisi dapat mensejahterakan masyarakat, di sisi yang lain dapat menimbulkan akses negatif jika masyarakat tidak sadar dan bijak dalam mejalaninya.