[VIDEO] Ayo, Jangan Ragu Tempuh Pendidikan Vokasi !

IVOOX.id, Jakarta – Trend industri 4.0 mengubah paradigma dalam kebutuhan tenaga kerja. Industri membutuhkan tenaga kerja yang trampil dan siap kerja. Jadi buat generasi muda jangan ragu tempuh pendidikan vokasi, masa depan Indonesia.

Pendidikan vokasi merupakan program pendidikan kepada siswa-siswi atau mahasiswa agar memiliki keahlian khusus di bidang yang ditekuninya sehingga kedepannya bisa menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia internasional.

Generasi muda yang ingin langsung bekerja tentunya harus memiliki keahlian khusus agar berkualitas dan dapat bersaing dengan individu lainnya. Keahlian khusus inilah yang tentunya didapatkan lewat sebuah Pendidikan bernama vokasi.

Berikut adalah Keistimewaan Pendidikan Vokasi:

1. Lebih Praktikal

Sebuah kelas dalam Pendidikan Vokasi cenderung tidak membosankan. karena dalam pendidikan vokasi siwa benar-benar dilatih keahlian praktikalnya, jadi teori hanya sedikit dipelajari. Jika kamu merasa menghadiri kelas kuliah membosankan, tidak suka mengerjakan tugas dan dinilai dengan cara ujian, mengapa tidak mempertimbangkan pendidikan vokasi?

2. Banyak pilihan institusi

Berbeda dengan pendidikan gelar sarjana dan sebagainya, pendidikan vokasi ditawarkan lebih banyak institusi, baik itu universitas, kolese, politeknik, pusat pelatihan ataupun institusi-institusi lainnya yang berspesialisasi menyelenggarakan program pendidikan vokasi.

3. Beragam pilihan program

Para siwa juga benar-benar dibeikan banyak pilihan sesuai dengan minatnya. . Banyak sekali bidang yang tersedia mulai dari pariwisata dan perhotelan, manajemen retail, pengembangan software, desain interior, teknik otomotif, penata rambut hingga kuliner.

Pendidikan vokasi mengajarkan keahlian praktikal yang dibutuhkan untuk terjun langsung ke industri serta membahas topik yang lebih spesifik. sedangkan pendidikan Non Vokasi lebih mambahasnya secara umum.

Kelebihan dari pelajar di pendidikan vokasi adalah, karena mereka sering praktek, mereka lebih mengenal bidang mereka, memiliki gambaran yang lebih jelas tentang rutinitas dan tempat kerja, sehingga lebih memiliki arah yang jelas sewaktu memilih jurusan kuliah.

Lulusan pendidikan vokasi juga dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Ke tingkat universitas misalnya. Jurusan yang dipilih tidak harus sama dengan jurusan yang diambil semasa SMK. Jika merasa ternyata tidak cocok dengan jurusan yang dipelajari sewaktu SMK dan ingin kuliah jurusan lain juga bisa.

Jadi anggapan bahwa pendidikan vokasi memiliki keterbatasan pendidikan adalah salah. Pemerintah terus meningkatkan kompetensi para pelajar di pendidikan vokasi.  Di jenjang selanjutnya para pelajar di pendidikan vokasi dapat melanjutkan ke jenjang universitas.

Banyak jurusan-jurusan yang searah dengan ilmu yang di tempuh di jenjang menengah. Pendidikan multimedia, tataboga, busana, administrasi perkantoran, tehnik dan banyak lagi jurusan di tingkat universitas yang dapat di tempuh oleh pelajar pendidikan advokasi di jenjang menengah.