September 21, 2019

UI Duduki Peringkat ke-82 di Negara Berkembang

IVOOX.id, Depok - Universitas Indonesia (UI) berhasil menduduki peringkat ke-82 dalam kancah pemeringkatan universitas terbaik di Negara Berkembang versi Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) daftar Emerging Economies University Rankings 2019.

"UI menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi dari Indonesia yang masuk ke dalam Top 100 Emerging Economies University Ranking. Pemeringkatan dilakukan terhadap 442 Perguruan Tinggi dari 43 negara berkembang di dunia," kata Rektor UI Prof. Muhammad Anis, di kampus UI Depok, Jumat (18/1), seperti dilansir Antara.

Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) merilis daftar Emerging Economies University Rankings 2019 melalui laman https://www.timeshighereducation.com. Peringkat pertama hingga ke-empat didominasi oleh Perguruan Tinggi China, yaitu Tsinghua University, Peking University, Zhejiang University dan University of Science and Technology of China (masing-masing menduduki Peringkat 1, 2, 3 dan 4 secara berturut-turut). Sedangkan dari negara tetangga, Malaysia, sebanyak tiga Perguruan Tinggi berhasil masuk ke dalam jajaran Top 100 Universitas terbaik, yaitu University of Malaya, Universiti Teknologi Petronas dan Universiti Teknologi Malaysia (peringkat 18, 60, 86 secara berturut-turut).

Anis mengatakan pencapaian ini adalah bukti bahwa Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya di dunia.

Dengan prestasi ini, diharapkan, lembaga pendidikan di Indonesia dapat terus dikenal oleh masyarakat dunia sehingga bertambah banyak jumlah mahasiswa asing yang ingin menikmati perkuliahan di negeri ini. Ini adalah tahun ke-empat negara Indonesia masuk ke dalam pemeringkatan THE.

Lembaga pemeringkatan ini secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan Performa Pengajaran (kegiatan belajar mengajar); Penelitian; Transfer dan Sharing Keilmuan serta Cakupan Internasional sebuah universitas

Saat ini performa UI semakin meningkat tampak dari penilaian lembaga pemeringkatan bergengsi dunia THE. Rektor menjelaskan UI tengah fokus meningkatkan kapasitas dan kualitas riset serta inovasi dan pengabdian masyarakat. Selain itu, UI sedang berlari memperluas network dengan kampus-kampus di Asia, Eropa dan benua lainnya. "UI juga senantiasi berupaya menarik minat International Students atau mahasiswa asing untuk berkuliah di UI," katanya.

Dikatakannya pencapaian ini bukan milik UI saja, melainkan juga prestasi bangsa bahwa Pendidikan Tinggi di Indonesia telah diakui oleh dunia.

Sebagai lokomotif perguruan tinggi di Indonesia, UI akan melesat maju menjadi perguruan tinggi yang mampu berkontribusi lebih untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing nasional di tingkat global, mempromosikan inovasi dan kewirausahaan serta mengatasi tantangan sosial.

0 comments

    Leave a Reply