Tingkatkan Kebutuhan Nasabah, Bank Permata Luncurkan Voice ID | IVoox Indonesia

July 13, 2025

Tingkatkan Kebutuhan Nasabah, Bank Permata Luncurkan Voice ID

Tingkatkan Kebutuhan Nasabah, Bank Permata Luncurkan Voice ID

IVOOX.id, Jakarta - PT Bank Permata Tbk (BNLI) telah meluncurkan layanan baru hasil adopsi voice biometric yang dinamakan Voice ID. Aksi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan layanan yang sederhana, cepat, dan andal.

Voice Biometric sendiri merupakan teknologi baru yang menggunakan pola suara untuk menghasilkan identifikasi bagi setiap individu dengan menggunakan lebih dari 50 faktor suara fisik dan perilaku.

Karakteristik perilaku meliputi pengucapan, penekanan, kecepatan bicara dan aksen, sedangkan karakter fisik mencakup sifat fisik khas saluran vokal, saluran hidung, dan saluran lainnya.

Direktur Teknologi dan Operasi Bank Permata Abdy Salimin mengatakan solusi autentifikasi berbasis suara ini dilakukan pada saat nasabah mengakses PermataTel (contact center Bank Permata).

Nantinya, sistem akan memvalidasi suara dalam hitungan 10 detik. "Dengan demikiann proses verifikasi yang sebelumnya memakan waktu 2 menit kini terpangkas hanya 45 detik tanpa nasabah perlu menjawab begitu banyak pertanyaan yang merepotkan," ungkapnya di Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Dia mengaku, layanan ini juga melengkapi rangkaian layanan berbasis teknologi yang sudah dimiliki oleh perusahaan, yakni Finger ID dan Facial ID. Ketiga layanan ini diharapkan dapat mempermudah nasabah dalam berinteraksi dengan Bank Permata.

"Bank Permata berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan berbasis teknologi digital untuk memberikan costumer experiencedan pengelolaan risk management yang lebih baik. Inovasi ini hanyalah awal dari rangkaian inovasi digital dari perusahaan dan diharapkan dapat menjadi salah satu acuan dalam industri perbankan di Indonesia dalam memberikan layanan yang sederhana, aman, dan cepat," terang dia. [ava]

0 comments

    Leave a Reply