Sungai di Jakarta Tercemar Kategori Berat 61 Persen

IVOOX.id, Jakarta – Selama 2014 sampai 2017 air sungai di Jakarta tercemar untuk kategori berat sebesar 61 persen, Jumlah tersebut mengalami kenaikan 32 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

IVOOX.id, Jakarta – Selama 2014 sampai 2017  air sungai di Jakarta tercemar untuk kategori berat sebesar 61 persen, Jumlah  tersebut mengalami kenaikan 32 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan kondisi kualitas air sungai di DKI Jakarta mengalami perubahan cukup signifikan.  Berdasarkan data dari 2014 sampai 2017, yakni untuk sungai tercemar kategori ringan dari 23 persen turun menjadi 12 persen, sedangkan sungai tercemar kategori sedang turun dari 44 persen menjadi 17 persen.

“Kita sudah menyusun dan peta jalannya untuk segera mengembalikan ke kondisi sebelumnya,” kata Anies.

Dijelaskannya proses pencemaran yang terjadi di Jakarta terjadi dalam waktu yang singkat dan pekerjaan rumah tersebut harus dibereskan.

Menurut Gubernur, bukan hanya sekedar soal estetika nampak indah, tetapi juga sungainya harus terlihat apik. “Kita akan melakukan dengan membangun (sekitar) sungai, sehingga menjadi ekosistem yang alamiah lagi,” kata Anies.

Kondisi sungai sehat dan bersih kalau sudah alamiah lagi, maka bisa ada satwa – satwa yang hidup di sekitarnya dan ini merupakan indikasi paling sederhana. “Kalau satwa bisa berada di sungai artinya sungai itu sehat dan bersih. Nah itulah yang disebut sebagai sungai yang alamiah, sungai yang natural. Kita akan dorong ke sana,” kata Anies.