September 22, 2019

Sisa Kuota Rumah Subsidi akan Diambil Alih BTN

IVOOX.id, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (BTN) siap menampung kuota rumah subsidi dari bank-bank lain yang lamban menyalurkan program kredit hunian bersubsidi.


"Kami selalu siap dalam menyalurkan kredit rumah kepada masyarakat baik secara subsidi maupun tidak," ujar Direktur Utama BTN Maryono di Jakarta, Rabu (19/6).


Namun, ia mengatakan pengalihan kuota sepenuhnya menjadi kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) selaku regulator.


"Jadi mereka yang mencari solusi dan kami yang menjalankan," ucapnya.


Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementeiran PU-Pera Khalawi Abdul Hamid mengungkap pemerintah akan mengevaluasi perbankan penyalur kredit rumah subsidi yang memiliki kinerja lamban.


Ia tidak menutup kemungkinan sisa-sisa kuota di bank-bank yang lambat menyalurkan akan dilimpahkan ke bank yang lebih efektif seperti BTN agar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa segera mendapatkan hunian dengan cepat dan mudah.


"Kita akan lihat nanti bagaimana hasil evaluasinya. Bagaimana pun, ini harus segera dimanfaatkan daripada kosong, tidak tersalur," jelas Khalawi.

0 comments

    Leave a Reply