Per September 2017, Laba Panorama Sentrawisata Melesat 250 Persen | IVoox Indonesia

June 10, 2025

Per September 2017, Laba Panorama Sentrawisata Melesat 250 Persen

Panorama Group Akan Terus Mendukung Industri Pariwisata Indonesia

IVOOX.id, Jakarta – Laba PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) sepanjang Januari-September 2017 tercatat sebesar Rp43,55 miliar (Rp31,06 per saham), melonjak 250% dibandingkan periode yang sama pada 2016 sebesar Rp12,38 miliar (Rp5,76 per saham).

Lonjakan laba emiten yang bergerak di sektor pariwisata tersebut ditopang oleh peningkatan keuntungan entitas anak dan penurunan beban bunga bersih perseroan.

Disamping itu, pendapatan PANR pada periode tersebut tumbuh 10% menjadi Rp3,81 triliun dibandingkan periode yang sama pada 2016 sebesar Rp3,45 triliun.

Peningkatan pendapatan PANR disebabkan oleh kenaikan penjualan dari bisnis inbound sekitar 13,3% di sepanjang periode tersebut. Binis ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan promosi dan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Disamping itu, melalui bisnis tersebut, PANR juga berhasil memperluas pasar ke Inggris, India, Cina dan ke berbagai negara ASEAN..

Sedangkan bisnis usaha Travel & Leisure yang mengalami kenaikan 9,8% juga turut berkontribusi terhadap pertumbuhan pendapatan perseroan. Bisnis ini didukung oleh bonus demografi, dimana terjadi peningkatan usia produktif dan pertumbuhan kelas menengah.

Disamping itu, Badan Pusat Statistik (BPS) juga melihat adanya pergeseran pola konsumsi masyarakat yang condong kepada leisure economy. Pola tersebut mendorong konsumen menginginkan “experience-based consumption” (pengalaman), meliputi hospitality (hotel dan restoran) serta rekreasi dan budaya.

Dengan demikian, masyarakat telah membuat traveling menjadi sebuah gaya hidup, dan hal ini memberikan dampak yang sangat baik untuk industri pariwisata.

“Masyarakat Indonesia kini memiliki daya beli yang kuat. Dengan tren gaya hidup traveling yang diemban generasi produktif, industri pariwisata sangat diuntungkan,” ujar Budi Tirtawisata, Group CEO Panorama Group, di Jakarta, Jumat (17/11/2017).

Karena itu, demikian Budi, sebagai pelaku industri pariwisata, PANR selalu berusaha untuk memberikan kesan dan pengalaman yang terbaik bagi konsumen.

Awal tahun ini, PANR telah bersinergi dengan JTB Corporation, sebuah perusahaan travel terkemuka di Jepang dan di Asia Pacific, untuk menjangkau lebih kuat dan lebih luas pada segmen Travel & Leisure.

Sementara itu, bisnis PANR di bidang media juga sukses melaksanakan 13 pameran di Indonesia, dua terbesar antara lain Maritime Expo dan Indonesia Comic Con. Kedepannya, PANR akan lebih aktif mengembangkan sector MICE (Meeting, Incentive, Conference & Exhibition) melalui event yang bersifat B2B maupun B2C.

Secara umum, manajemen PANR optimistis terhadap peningkatan kinerja perseroan pada tahun-tahun mendatang sejalan dengan gerak maju industri pariwisata nasional. PANR juga akan terus berinovasi dan melakukan digitalisasi untuk semua lini operasional guna memberikan layanan dan pengalaman yang terbaik bagi para pelanggan, baik domestik maupun mancanegara.[abr]

0 comments

    Leave a Reply