Pemerintah Kembali Rekrut CPNS Mei Atau Juni Tahun Ini

IVOOX.id, Penajam – Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan RB kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil pada Mei atau Juni 2019.

Informasi lowongan atau penerimaan CPNS tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Negara atau BKN Bima Haria Wibisana saat melakukan kunjungan silaturahmi ke Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kamis (7/2).

“Kemenpan RB akan kembali melaksanakan rekrutmen CPNS (calon pegawai negeri sipil), dan pendaftaran akan dibuka pada Mei atau Juni 2019,” jelasnya, dikutip Antara.

Saat ini lanjut Bima Haria Wibisana, semua persiapan untuk pembukaan penerimaan CPNS 2019 terus dimatangkan, sebelum proses rekrutmen CPNS dibuka.

Dengan masih melakukan persiapan tersebut, menurut dia, proses pendaftaran atau penerimaan CPNS baru bisa dilaksanakan pada Mei atau Juni 2019.

Untuk formasi pada penerimaan CPNS 2019 tegas Bima Haria Wibisana, diserahkan kepada masing-masing daerah untuk mengusulkan.

Informasi yang diperoleh menyebutkan penerimaan CPNS 2019 bertujuan untuk menyeimbangkan jumlah PNS (pegawai negeri sipil) atau aparatur sipil negera (ASN) yang pensiun pada 2018 dan 2019.

Pemerintah lebih memilih membuka lowongan CPNS karena tidak menginginkan banyak pegawai pemerintahan berstatus honorer.

Selain penerimaan CPNS 2019, pemerintah juga akan melakukan perekrutan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau P3K.

Pembukaan lowongan CPNS 2019 merupakan lanjutan dari rekrutmen CPNS tahun lalu, penerimaan CPNS dilakukan secara bertahap mengikuti ketersediaan anggaran yang dimiliki pemerintah.

Pemerintah sebelumnya membuka lowongan CPNS 2018 untuk 238.015 formasi, terdiri dari 51.271 formasi untuk instansi pusat di 76 kementerian/lembaga dan untuk 525 instansi daerah sebanyak 186.744 formasi.