October 21, 2021

Update Terbaru virus covid-19
Indonesia

Memuat...

Dunia

Memuat...

Pasar Saham Asia Pasifik Memulai Pekan di Area Hijau

IVOOX.id, Tokyo - Pasar Asia Pasifik naik pada awal perdagangan hari Senin (10/8), meskipun ketegangan AS-China meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,43% karena beberapa nama besar teknologi maju. Saham Samsung Electronics naik 1,39%, LG Electronics naik 3,37% dan SK Hynix naik 0,12%.

Produsen mobil juga naik: Hyundai Motor bertambah 8,5% dan Kia Motors naik 4,14%.

Di Australia, ASX 200 acuan naik 0,66%, dengan sebagian besar sektor diperdagangkan lebih tinggi. Subindex keuangan yang sangat tertimbang naik 1,39% karena bank-bank besar menguat, sementara produsen sumber daya diperdagangkan beragam.

Dolar Australia berpindah tangan pada $ 0,7166, naik dari level terendah sebelumnya di sekitar $ 0,7145.

Australia juga menangani gelombang baru wabah virus korona di negara bagian Victoria, yang menyumbang sebagian besar kasus dan kematian yang dilaporkan di negara itu. Dalam upaya untuk memperlambat penyebaran infeksi, negara telah memberlakukan tindakan penguncian yang ketat yang membatasi pergerakan orang dan menutup sebagian besar perekonomian.

Pasar di Jepang tutup Senin untuk hari libur umum.

Ketegangan AS-China

Presiden AS Donald Trump pekan lalu mengeluarkan perintah eksekutif yang ditetapkan untuk melarang penggunaan WeChat dan TikTok oleh Amerika, mulai berlaku mulai pertengahan bulan depan.

Setelah itu, pemerintahan Trump mengatakan akan memberlakukan putaran sanksi baru pada 11 orang, termasuk pemimpin Hong Kong Carrie Lam atas perannya dalam mengawasi dan "menerapkan kebijakan penindasan kebebasan dan proses demokrasi Beijing."

Pejabat administrasi juga mendesak Trump untuk menghapus perusahaan China yang berdagang di bursa AS dan gagal memenuhi persyaratan audit AS pada Januari 2022, Reuters melaporkan pekan lalu.

"Pertanyaan yang lebih besar untuk pasar adalah apakah tindakan ini membahayakan pembicaraan perdagangan AS-China pada 15 Agustus dan pasar akan mencermati setiap pembalasan China," Tapas Strickland, direktur ekonomi dan pasar di National Australia Bank, menulis di hari Senin. catatan pagi.

Pejabat dari kedua belah pihak akan meninjau implementasi kesepakatan perdagangan fase satu mereka dan kemungkinan besar akan menyampaikan keluhan bersama selama konferensi video 15 Agustus, Reuters melaporkan pekan lalu, mengutip dua sumber yang mengetahui rencana tersebut.

“Asumsi yang sedang berjalan di pasar adalah bahwa Presiden Trump membutuhkan kesepakatan fase satu untuk berhasil (seperti halnya China) di sisi pemilihan November ini untuk mengamankan mid-West. Pada saat yang sama Presiden Trump menjalankan garis keras China dalam pemilihan, "tambah Strickland.

Kontrak berjangka AS tergelincir pada Minggu malam setelah presiden menandatangani beberapa perintah eksekutif yang bertujuan untuk memperpanjang bantuan virus korona - kasus infeksi di AS mencapai 5 juta.

Dolar AS diperdagangkan pada 93,350 melawan sekeranjang mata uang sejenisnya, naik dari level sekitar 92,800 di minggu sebelumnya.

Harga minyak naik Senin pagi selama jam Asia. Minyak mentah AS naik 1,16% menjadi $ 41,70 per barel sementara patokan global Brent naik 0,95% menjadi $ 44,82.(CNBC)

0 comments

    Leave a Reply