OPPO Luncurkan Ponsel Lipat Find N2 Flip Secara Global | IVoox Indonesia

August 27, 2025

OPPO Luncurkan Ponsel Lipat Find N2 Flip Secara Global

find N2 Flip

IVOOX.id, New York - Oppo telah meluncurkan ponsel flip yang dapat dilipat untuk pasar internasional, karena pembuat ponsel pintar China tersebut ingin meningkatkan bisnisnya di luar China.

Find N2 Flip menandai dorongan Oppo untuk membuat penyok di segmen premium pasar smartphone dan dalam kategori ponsel lipat yang baru lahir.

Find N2 Flip, yang diluncurkan Rabu, terlipat di tengah seperti ponsel flip tradisional dan menawarkan dua layar. Layar utama 6,8 inci terus menerus terlihat saat perangkat terbuka dan dapat terhubung ke jaringan seluler 5G generasi berikutnya. Ada tampilan kedua di bagian luar ponsel saat perangkat dilipat, yang disebut Oppo sebagai "layar sampul terbesar dari jenisnya".

Perusahaan mengatakan telepon dapat menahan lebih dari 400.000 lipatan dan terungkap pada suhu kamar standar, yang setara dengan membuka dan menutup perangkat sekitar 100 kali sehari selama lebih dari 10 tahun.

Kategori ponsel lipat yang dipelopori oleh Samsung masih dalam tahap awal. Menurut IDC, pengiriman perangkat lipat hanya menyumbang 1,1% dari total pengiriman smartphone pada tahun 2022, dan diperkirakan akan meningkat menjadi hanya 2,8% pada tahun 2026.

“Saya pikir ada hal yang rumit dengan perangkat yang dapat dilipat: semuanya cantik, semua orang senang dengannya, tetapi apakah kita benar-benar tahu seberapa besar pasarnya?” Ben Wood, kepala penelitian di CCS Insight, mengatakan kepada CNBC melalui telepon.

Oppo menargetkan merek premium

Oppo adalah pemain ponsel pintar terbesar keempat di dunia berdasarkan pangsa pasar, dan perusahaan China tersebut telah menemukan kesuksesan selama beberapa tahun terakhir dengan menjual perangkat berspesifikasi tinggi dan inovatif dengan harga yang kompetitif.

Baru-baru ini, Oppo ingin meningkatkan kehadirannya di luar China dan merebut sebagian pasar ponsel pintar kelas atas seperti Apple dan Samsung mendominasi.

Tantangan Oppo adalah membangun mereknya di luar China, di mana ia tetap berada di belakang Samsung, menurut Wood. Ponsel yang dapat dilipat adalah bagian dari upaya Oppo untuk membangun dirinya menjadi merek premium.

“Ini adalah taruhan besar bagi mereka. Oppo telah dengan jelas menyadari bahwa ada potensi kuat di segmen ponsel pintar premium, dan mereka tidak merahasiakan fakta bahwa mereka percaya bahwa ponsel lipat adalah salah satu aspek untuk membawa merek ke tingkat premium, ”kata Wood.

“Alasan premium ditahan sebagian karena orang ingin membeli telepon yang akan bertahan lama. Ponsel adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat sehingga mereka bersedia membayar lebih untuk suatu produk, jika mereka yakin produk tersebut akan bertahan lama.”

Di luar China, masih sangat sedikit ponsel lipat yang tersedia untuk dibeli. Dalam hal flip lipat, Samsung memiliki Galaxy Z Flip4, sedangkan Motorola menawarkan Razr 5G.

Oppo memberi harga perangkatnya £849 ($1.024) di Inggris, lebih murah dari Samsung Galaxy Z Flip4 £899.

“Mengenai harga, mereka pasti bersaing,” kata Wood, menambahkan bahwa Oppo harus meningkatkan pengenalan mereknya.

Oppo juga mengatakan Rabu bahwa Find N2 Flip-nya adalah smartphone resmi UEFA Champions League, sebuah kompetisi sepak bola Eropa, karena ingin memasarkan perangkat dan mereknya ke khalayak luas.

Mengingat investasi besar Oppo dalam pemasaran dan perangkat kelas atas, Wood menyebut 2023 sebagai "tahun sukses atau gagal" bagi pembuat smartphone.

“Mereka bertaruh besar untuk membangun bisnis internasional mereka, dan itu membutuhkan investasi yang sangat besar. Dan Anda tidak dapat terus melakukannya tanpa batas waktu, jika Anda tidak dapat memperoleh keuntungan darinya, ”kata Wood.(CNBC)

0 comments

    Leave a Reply