Online Travel Agent Diminta Berikan Edukasi Kepada Pengguna Jasa Angkutan Udara Soal Pembelian Tiket | IVoox Indonesia

May 4, 2025

Online Travel Agent Diminta Berikan Edukasi Kepada Pengguna Jasa Angkutan Udara Soal Pembelian Tiket

Online-Travel-Agent-Diminta-Berikan-Edukasi-Kepada-Pengguna-Jasa-Angkutan-Udara-Soal-Pembelian-Tiket-doc.agent-ivoox.id_

IVOOX.id, Jakarta - Direktur Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Maria Kristi Endah, mengimbau kepada seluruh Online Travel Agent (OTA) untuk memberikan informasi yang jelas dan mengedukasi kepada pengguna jasa angkutan udara terkait pemesanan dan pembelian tiket pesawat. Imbauan tersebut disampaikan Maria dalam rapat bersama perwakilan maskapai Garuda Indonesia, Lion Group dan OTA, Jumat (31/5).


Pada kesempatan tersebut, Kemenhub mengajak OTA untuk duduk bersama mencari solusi agar informasi dan edukasi yang diberikan kepada konsumen dapat tersampaikan dengan baik.


“Kami meminta agar aplikasi di Traveloka dan OTA yang lain agar dibuat lebih mengedukasi kepada masyarakat pengguna, seperti penjelasan mengenai penerbangan rute langsung atau transit dan pilihan pembelian tiket kelas ekonomi atau bisnis. Selain itu, notifikasi kejelasan harus disampaikan di awal proses pemesanan bukan di akhir,” tegas Maria.


Maria meminta, OTA sebagai mitra penjualan maskapai untuk memperbarui tampilan di aplikasi pemesanan dan pembelian tiket pesawat, sehingga para pengguna jasa angkutan udara lebih mudah mengerti dan memahami langkah-langkah pemesanan tiket.


“Traveloka harus menginformasikan jika tiket kelas ekonomi habis dan yang dijual adalah tiket kelas bisnis, sehingga konsumen bisa mempertimbangkan harga sebelum memesan dan membeli tiket,” katanya.


Kepada maskapai, Kristi menegaskan, agar hubungan dan tanggung jawab terhadap mitra penjualannya dapat dilakukan dengan lebih instens, melalui kerjasa ma dan koordinasi yang baik, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.


“Pemerintah akan sesering mungkin berkoordinasi dengan maskapai, agar tidak ada lagi pemberitaan di media massa yang merugikan semua pihak,” jelasnya.


Head of Flight Business Transportation Traveloka Pintoko,Rama Susanto, mengungkapkan pihaknya menyetujui imbauan dari Kemenhub untuk memperbaiki tampilan aplikasi dengan menambah detil informasi dalam pemesanan dan pembelian tiket pesawat meski perubahan tersebut membutuhkan waktu.


“Dalam perubahan tampilan di aplikasi ini membutuhkan waktu. Untuk sementara, kita akan mengedukasi konsumen dengan menampilkan infografis atau tayangan singkat terkait proses pembelian tiket dan tips mendapatkan tarif yang murah,” tandas Pintoko.

0 comments

    Leave a Reply