Novel Jadi Buku Paling Laris di Shopping Center Yogyakarta

IVOOX.id, Yogyakarta - Buku bacaan jenis novel saat ini menjadi buku yang paling laris terjual di pusat penjualan buku "Shopping Center" yang berlokasi di Kompleks Taman Pintar, Yogyakarta.

Sampul novel "Hujan" karya Tere Liye (instagram)

IVOOX.id, Yogyakarta – Buku bacaan jenis novel saat ini menjadi buku yang paling laris terjual di pusat penjualan buku “Shopping Center” yang berlokasi di Kompleks Taman Pintar, Yogyakarta.

“Sekarang buku yang paling laris itu novel,” kata Elis, salah satu pedagang buku di Shopping Center, Kompleks Taman Pintar, Yogyakarta, Selasa (5/2), seperti dilansir Antara.

Menurut Elis, buku jenis novel dengan genre novel fiksi, novel romance, dan genre novel lainnya paling banyak terjual belakangan ini.

Ia mengatakan selain kalangan remaja usia siswa SMA, buku jenis novel juga banyak diminati konsumen dari kalangan mahasiswa. “Sekarang kan mahasiswa lagi libur, biasanya yang dicari bacaan-bacaan ringan seperti novel,” kata Elis yang membuka lapak bukunya mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB ini.

Menurut dia, sebagian mahasiswa biasanya sengaja membeli buku jenis novel untuk oleh-oleh saat mudik ke kampung halaman.

Ia mengatakan buku jenis novel dijual dengan harga mulai Rp65.000 hingga Rp85.000 per buku.

Para pembeli, kata Elis, juga berkesempatan mendapatkan diskon pembelian buku hingga 25 persen, tergantung masing-masing penerbit buku tersebut. “Kalau diskon tergantung penerbit, semuanya bisa diskon tapi persentasenya tidak sama. Ada yang hanya 15 persen, tetapi ada juga yang sampai 25 persen,” kata dia yang mengaku mampu meraup omzet hingga Rp2 juta per hari.

Selain buku jenis novel, menurut dia, buku sejarah, buku filsafat, dan buku politik juga banyak diminati oleh pembeli yang umumnya dari kalangan mahasiswa.

Bilal, penjual buku lainnya di kawasan “Shopping Center” juga mengakui hal yang sama. Menurut dia, buku jenis novel, sejarah, dan politik memang sedang diminati pencinta buku akhir-akhir ini.  “Buku sejarah, politik banyak yang minat tapi baru-baru ini buku novel yang paling laris,” kata Bilal yang telah berjualan buku selama 40 tahun ini.

Selain buku-buku tersebut, menurut Bilal, buku soal-soal Ujian Nasional (UN) saat ini juga mulai banyak dicari oleh kalangan siswa SMP dan SMA.