September 19, 2019

Eduard Khil, Sosok di Balik Google Doodle Hari Ini

iVooxid, Jakarta - Pada hari Senin (4/9/2017) ini, Google Doodle kembali menyajikan animasi dengan gambar sosok seorang pria yang kemudian muncul dari balik dekorasi panggung. Pria tersebut dikenal dengan nama Eduard Khil.

Eduard Khil adalah seorang penyanyi bariton asal Rusia yang lahir pada tahun 1934. Nama lengkapnya adalah Eduard Anatolyevich Khil.

Eduard Khil adalah penyanyi top pada dekade 60-an dan banyak meraih penghargaan dan juga bermain dalam beberapa film.

Dia dikenal secara internasional pada tahun 2010 ketika video Khil menyanyikan lagu dengan judul "Saya Senang Bisa Kembali Pulang".

Khil dinilai memiliki cir khas dalam bernyanyi, dan dikenal unik di Rusia. Suara Khil terasa tenang dan selalu terdengar melengking bahagia dengan bariton yang mengalun-alun, diiringi dengan optimisme dan humor yang kuat.

Sosok Eduard Khil banyak dijadikan meme alias guyonan oleh banyak orang. Karena lagunya sering disebut berjudul “Mr. Trololo” dan dihubungkan dengan perilaku “trolling” atau mengolok-olok di dunia maya.

Animasi Google Doodle tentang Khil hari ini diinspirasikan dari rekaman video “Mr. Trololo”, termasuk soal pakaian khas yang dikenakan oleh Khil beserta hiasan panggung dan juga angka “4”.

Eduard Khil sendiri sudah tutup usia pada 2012 lalu pada usia 77 tahun, setelah menderita serangan stroke.

Khil dikabarkan meninggal dunia akibat komplikasi stroke pada tanggal 4 Juni 2012 di Sankt-Peterburg pada umur 77 tahun. Presiden Rusia, Vladimir Putin menyatakan belasungkawa atas kematiannya.

0 comments

    Leave a Reply