Berikut 6 Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Tubuh

Foto: Freepik

iVooxid, Jakarta – Rasa malas dan juga lemas menjadi alasan banyaknya masyarakat yang enggan jalan kaki, padahal banyak manfaat yang akan diterima tubuh ketika kita melakukannya.

Beberapa faktor yang menyebabkan banyak masyarakat meninggalkan kebiasaan jalan kaki, seperti semakin banyaknya kendaraan yang ada di kota dan juga tidak tersedianya lahan untuk pejalan kaki yang aman dan nyaman.

Mungkin banyak dari Anda yang menghabiskan waktu beristirahat dirumah saat hari libur, namun sebaiknya luangkan waktu libur anda untuk berjalan kaki selama beberapa menit atau jam Karena banyak sekali manfaat yang akan Anda rasakan.

Berjalan kaki yang bagus adalah selama 30 menit dalam sehari, namun apabila Anda baru ingin memulainya ada baiknya cukup selama 15 menit saja hingga terbiasa dan kemudian Anda dapat menambah durasi waktunya.

Berikut adalah manfaat yang akan Anda rasakan apabila melakukan aktivitas berjalan kaki secara rutin:

1. Berjalan kaki 3 km secara teratur dipercaya dapat mengurangi risiko impotensi pada pria, karena berjalan kaki akan menurunkan tekanan darah yang juga akan meningkatkan kesehatan alat vital pria.

2. Berjalan kaki dapat membangun kekuatan otot kaki, paha, dan bokong sehingga bagus dilakukan bagi ibu yang habis melakukan persalinan.

3. Menurut penelitian dengan berjalan kaki 45 menit setiap hari dapat membuat otak lebih tajam dan meningkatkan kewaspadaan, studi dan penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit dimensia dapat dicegah dengan melakukan jalan kaki secara rutin di berbagai kesempatan.

4. Orang yang sering berjalan kaki pada pagi hari memiliki kontrol gula darah dalam tubuh yang lebih baik dibanding mereka yang jarang melakukannya.

5. Berjalan kaki selama 30-40 menit setiap hari mampu membuat kinerja jantung dan peredaran darah menjadi lebih baik, membuat tekanan darah berkurang yang mengurangi pelengketan antarsel darah yang bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah.

6. Dengan berjalan kaki 1.000 langkah setiap harinya maka Anda dapat akan mendapatkan tulang yang sehat dan terhindar dari penyakit osteoporosis.

Banyak manfat yang bisa didapat dengan rutin berjalan kaki, yuk mulai agendakan dan laksanakan gaya hidup sehat untuk diri kita dan orang lain.