Makanan dan Olahraga Ini, Cara Aman Untuk Menurunkan Berat Badan Anda

IVOOX.id, Jakarta — Kebanyakan orang yang menjalani diet akan kembali mendapatkan 50 persen berat badannya pada tahun pertama setelah berhasil menurunkan beberapa kilo.

Berikut ini adalah beberapa pilihan olahraga dan makanan yang bisa dijadikan pilihan dan akan menurunkan berat badan dengan efektif:

Langkah 1 : Menyingkirkan gula dan karbohidrat dari makanan

Menurunkan konsumsi mereka sangat diperlukan jika ingin menurunkan berat badan.
Mungkin hasilnya tidak langsung tetapi dalam sebulan atau lebih, akan melihat perbedaannya.

Jika mengonsumsi gula dan karbohidrat, mereka meningkatkan sekresi insulin yang merupakan penyebab utama penumpukan lemak dalam tubuh.
Ketika Anda memiliki rentang insulin yang berlebihan, tubuh tidak mampu membakar lemak.

Namun, saat mengurangi insulin, tubuh Anda mulai membakar lemak sebagai pengganti karbohidrat dan gula.Selain itu, ginjal akan mengeluarkan kelebihan air dan sodium yang mengurangi kembung.

Langkah 2 : Mengonsumsi protein

Protein harus menjadi hidangan utama di setiap makanan. Makanan harus terdiri dari pasokan protein yang berlebihan, pasokan lemak yang sehat dan beberapa sayuran rendah karbohidrat.

Bila tidak terlalu menyukai protein, mungkin jamur, kacang polong, dan kembang kol bisa menjadi pilihan.Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi bayam, kubis, selada, seledri, dan mentimun.

Pilihan alternatif yang paling sehat untuk lemak adalah minyak zaitun, alpukat, dan minyak kelapa.

Langkah 3 : Mulai latihan kardio

Latihan kardio adalah latihan terbaik yang dilakukan saat ingin menurunkan berat badan.
Ketika memulai latihan kardio, Anda dapat melakukan olahraga seperti berjalan-jalan, berenang, atau bersepeda.

Langkah 4 : Latihan interval

Setelah beberapa saat melakukan kardio, Anda dapat melakukan latihan interval.
Ini adalah salah satu faktor yang lebih tinggi dari kardio jika menginginkan penurunan berat badan dengan cepat.
Misalnya, dalam latihan interval jika Anda berlari sekitar 3 menit di kecepatan yang paling tinggi dan kemudian 3 menit di kecepatan rendah.

Keempat langkah di atas memungkinkan Anda untuk menurunkan berat badan dalam waktu 4 atau 5 bulan.Jika tujuan Anda menurunkan berat badan 20 kg atau lebih dalam sebulan, Anda harus melakukan beberapa tindakan lebih dan itu tidak menguntungkan karena bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Pastikan Anda mendapatkan cukup relaksasi dan tidur setidaknya 6-7 jam setiap malam.
Selain itu, pastikan Anda minum banyak air, hidrasi sangat penting jika ingin menurunkan berat badan.
Mengonsumsi segelas air putih sebelum makan akan mengurangi rasa lapar dan dapat membuat Anda merasa kenyang. ( Adhi Teguh )