Lazada Investasi Rp 1,6 Triliun untuk Perkuat Program Afiliasi LazAffiliate dan Dorong Perdagangan Berbasis Kreator | IVoox Indonesia

June 6, 2025

Lazada Investasi Rp 1,6 Triliun untuk Perkuat Program Afiliasi LazAffiliate dan Dorong Perdagangan Berbasis Kreator

Para Penerima Penghargaan 'Affiliate of the Year 2024' dari Asia Tenggara
Para Penerima Penghargaan 'Affiliate of the Year 2024' dari Asia Tenggara. IVOOX.ID/doc Lazada

IVOOX.id – Lazada menegaskan komitmennya dalam mendorong ekonomi digital berbasis kreator melalui suntikan investasi senilai USD100 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun ke dalam program afiliasinya, LazAffiliate. Pengumuman ini disampaikan langsung dalam ajang Lazada Affiliates Southeast Asia Awards 2025 yang digelar di W Hotel Bangkok, Thailand. 

Investasi strategis ini tidak hanya diperuntukkan bagi peningkatan struktur komisi dan insentif berbasis performa, tetapi juga menghadirkan serangkaian fitur canggih yang dirancang untuk memberdayakan mitra affiliate di seluruh Asia Tenggara dari influencer besar hingga pembeli sehari-hari yang ingin berbagi rekomendasi produk.

Di Indonesia, affiliate marketing semakin populer sebagai sarana mencari penghasilan tanpa modal besar. Survei Populix mencatat, 59% konsumen non-afiliasi pernah membeli produk dari link afiliasi, dan 80% responden tertarik untuk mencoba menjadi afiliator. Meski begitu, kekhawatiran soal ketidakpastian penghasilan masih menjadi tantangan tersendiri.

Lazada melakukan penguatan fitur dan peningkatan pengalaman pengguna dalam program afiliasinya. Dalam acara penghargaan tersebut, 20 mitra affiliate asal Indonesia turut hadir dan diakui atas kontribusinya mendorong konversi penjualan. Beberapa di antaranya bahkan mendapat penghargaan prestisius, seperti Accesstrade by Interspace Indonesia yang dinobatkan sebagai Affiliate of the Year 2024, Niken Ambar Pertiwi untuk kategori groceries, dan Anita Ratnasari untuk kategori produk kecantikan.

Salah satu inovasi menarik adalah fitur toko digital personal. Kini, mitra affiliate bisa membuat mini store yang menampilkan rekomendasi produk pilihan mereka sendiri solusi yang membantu followers menemukan produk dengan lebih mudah, dan memberi sentuhan personal pada aktivitas pemasaran.

Lazada juga menggandeng berbagai brand ternama untuk memperkuat kerja sama berbasis performa. Di antaranya dengan memberikan voucher toko yang turut didanai Lazada, serta membangun ekosistem kreator multi-level yang terdiri dari influencer, content creator, dan key opinion consumers (KOC).

Menjelang promo belanja Lazada 6.6, para mitra affiliate bisa memperoleh komisi hingga 36% dari produk-produk brand partner yang dilengkapi dengan voucher toko. Lebih dari 70 brand fesyen dan kecantikan sudah ikut serta dalam skema ini.

Tak hanya itu, tersedia hadiah dengan total nilai USD100.000 untuk mitra dengan performa terbaik di kawasan Asia Tenggara. Mereka yang menunjukkan performa unggul selama promo berlangsung juga berkesempatan mendapatkan bonus tambahan berdasarkan pencapaian mereka.

Melalui Program LazAffiliate yang diperbarui, Lazada membuka peluang luas bagi siapa pun yang ingin terjun ke dunia commerce berbasis kreator. Tidak ada batasan jumlah followers cukup bagikan, rekomendasikan, dan hasilkan.

“Lazada berkomitmen memberdayakan influencer dan content creator di seluruh Asia Tenggara agar bisa membuka peluang penghasilan baru dan memperbesar pengaruh mereka,” ujar Jared Chan, Head of Regional Affiliate, Lazada Group dalam keterangan resmi yang diterima ivoox.id Rabu (28/5/2025).

“Melalui investasi ini, kami ingin membangun ekosistem afiliasi yang dinamis, yang tidak hanya mendukung semangat kewirausahaan, tetapi juga menciptakan koneksi yang lebih otentik antara brand dan konsumen,” katanya.

0 comments

    Leave a Reply