Kominfo Siapkan Inisiatif Pencatatan Transaksi e-Dagang

Menkominfo Rudiantara (Foto: Istimewa)

iVOOXid, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang menyiapkan inisiatif pencatatan setiap transaksi e-dagang agar kontribusi sistem perdagangan berbasis jaringan kepada perekonomian dapat terekam.

“Inisiatif dari ‘road map e-commerce’ adalah mengenai transaksi ini, siapa yang mencatat, yang diminta menjadi ‘lead’ adalah Kominfo,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat ditemui di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Ia mengatakan inisiatif ini sudah dibicarakan bersama Kementerian Keuangan, Bank Indonesia maupun Badan Pusat Statistik untuk mencari prosedur yang tepat terkait pencatatan belanja ini.

“Nanti berkaitan dengan Kemenkeu, karena ada aspek cukai. Kemudian dengan BI dan BPS karena itu sama dengan ekspor, bagaimana nilainya terhadap neraca perdagangan,” katanya.

Rudiantara menambahkan instrumen yang akan dibicarakan lebih lanjut dengan para pelaku yang bergerak dalam bidang teknologi informasi itu, nantinya menjadi kebijakan untuk mempermudah tugas pemerintah.

“Tinggal bicara dengan teman-teman (pelaku e-dagang) untuk meng-ekstrak informasi ini, karena pemerintah dan Bank Indonesia membutuhkan, agar tidak perlu lagi membuat sistem (baru),” kata Rudiantara.

Ia mengatakan kebijakan itu harus bisa menyesuaikan dengan keinginan para pelaku bisnis maupun asosiasi agar tidak mengganggu kegiatan usaha berbasis jaringan yang saat ini sedang tumbuh.

“‘Policy’ ini artinya implikasinya untuk teman-teman semua. Jadi tidak boleh pendekatannya mentang-mentang. Kita harus menyesuaikan diri dengan teman-teman dan duduk sama-sama,” ujar Rudiantara. (ant)