Kegiatan Operasional GMF Aero Asia Meraih Nilai Sempurna | IVoox Indonesia

July 1, 2025

Kegiatan Operasional GMF Aero Asia Meraih Nilai Sempurna

Kegiatan Operasional GMF Aero Asia Meraih Nilai Sempurna

IVOOX.id, Jakarta - Kegiatan operasional PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMFI), perusahaan Maintenance Repair & Overhaul (MRO) terbesar di Indonesia, meraih nilai sempurna 100% untuk tiga kategori, yaitu Service Level Agreement Fulfillment, Turn Around Time dan Capability & Capacity developement.

Dalam rangka mendukung kegiatan operasional pada 2017, GMF melakukan berbagai usaha peningkatan kapasitas dan kemampuannya, termasuk melakukan kemitraan (partnership) dengan berbagai perusahaan kelas dunia.

Sesuai dengan tema bisnis pada 2017 yaitu Strengthen Core Business, maka perkembangan skala bisnis GMF di berbagai sektor utama juga berhasil dilaksanakan. Itu ditandai dengan peningkatan utilisasi hanggar pesawat sebesar 33% dari lini bisnis base maintenance dan kenaikan utilisasi tenaga kerja (manpower) sebesar 19%.

“Selain itu, pekembangan skala bisnis GMF juga ditandai oleh peningkatan jumlah pekerjaan sebesar 36% di lini bisnis engine maintenance dan peningkatan utilisasi major machine sebesar 58% di lini bisnis component maintenance yang menjadi kontributor pendapatan terbesar,” papar Iwan Joeniarto, Direktur Utama GMFI, di sela-sela acara konferensi pers di Jakarta, Rabu (28/02/2018) petang.

Iwan mengemukakan, peningkatan utilisasi terhadap investasi perusahaan akan memberikan return yang lebih cepat. “Hanggar, komponen dan engine repair adalah investasi yang bernilai tinggi. Karena itu, utilisasinya harus maksimal. Kini, GMF masih punya ruang yang luas untuk meningkatkan pendapatan terutama dari sektor component maintenance dan engine maintenance,” ujar Iwan.

Kinerja operasional yang cemerlang pada 2017 juga ditandai dengan masuknya sejumlah kontrak baru perawatan pesawat dari berbagai maskapai penerbangan, baik domestik maupun asing, serta pembaharuan kontrak dari pelanggan yang sudah ada. Pada 2017, peningkatan volume bisnis yang berasal dari pelanggan internasional tercatat sebesar 83%.

“Peningkatan sebesar itu menunjukkan kepercayaan dunia terhadap kualitas GMF dalam memberikan layanannya. Kami berharap pasar internasional yang akan digarap GMF dapat meningkat hingga 30% pada 2021 mendatang,” tukas Iwan.

Selain itu. Iwan juga menyatakan, pertumbuhan pendapatan non-afiliasi mencapai 41% sehingga kontribusi pendapatan dari pelanggan non-afiliasi naik menjadi 37% dari total pendapatan GMF, dan diharapkan terus meningkat hingga 55% pada 2021.

Atas pencapaian perusahaan pada 2017, Iwan menyampaikan apresiasinya. “Saya mewakili manajemen GMF mengucapkan terima kasih kepada seluruh investor, mitra, karyawan dan seluruh pemangku kepentingan GMF atas kepercayaan dan dukungan sehingga GMF dapat memberikan hasil kinerja yang memuaskan,” imbuh Iwan. [abr]

0 comments

    Leave a Reply