Kalimat Sakti Tagih Utang Tanpa Rasa Tak Enak Hati

IVOOX.id, Jakarta – Utang memang menjadi perkara simalakama. Terlebih lagi jika teman atau saudara yang berutang kepada kita. Saat hendak menagihnya, ada perasaan tak enak. Namun, jika tak ditagih, kita juga butuh uangnya.

Lalu, apa yang sebaiknya kita lakukan? Coba terapkan cara-cara ini saat menagih utang agar jauh dari perasaan enggak enak:

  1. Ceritakan bayar cicilan

Kamu enggak perlu menagihnya, kamu cukup ceritakan kepada mereka bahwa kamu harus membayar cicilan di bulan ini. Tagihan kartu kredit atau bentuk cicilan lain sudah harus dibayarkan. Kalau mereka memang peka, mereka akan ingat dan sadar diri kok kalau mereka berutang.

  1. Harus transfer uang bulanan ke keluarga

Biasanya, kalau sudah menyangkut keperluan keluarga, itu adalah hal yang genting. Enggak bisa diganggu gugat. Kamu bisa beralasan kepada mereka untuk membayar utangnya karena kamu butuh untuk mengirimkan uang ke keluarga di kampung atau sanak saudara lainnya.

  1. Butuh uang untuk makan sehari-hari

Nah, kalau tadi urusan keluarga, sekarang urusan perut sendiri. Dengan hati-hati, kamu bisa kok menjadikan “butuh uang untuk makan sehari-hari” sebagai alasan menagih utang. Dengan begitu, mereka akan tak enak kalau tak kunjung bayar utangmu.