Jokowi Minta Pendukung tidak Bawa Anak Saat Kampanye

IVOOX.id, Cirebon — Saat kampanye terbuka di Cirebon, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo, mewanti-wanti masyarakat agar memperhatikan kondisi sekitar. Termasuk tidak membawa anak untuk ikut kampanye.

Meski tidak ikut mengenakan atribut pemilu, namun cuaca di area kampanye umumnya terik menyengat.

“Panas, enggak boleh ya, nggih,” kata Jokowi di Lapangan Tempat Pelelangan Ikan Gebang Mekar, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (5/4).

Pantauan di lokasi, banyak anak-anak yang dibawa orangtua mereka untuk melihat kampanye calon presiden petahana. Mereka tidak mau melewatkan kampanye terbuka Jokowi. Pun demikian, tidak satu pun anak-anak yang hadir memakai kaos atau atribut kampanye mendukung pasangan calon nomor urut 01.

Kehebohan juga terjadi saat seorang anak terpisah dari ibunya. Ibu negara Iriana ikut memperhatikan anak tersebut. Ia sempat memberi minum hingga ibu sang anak menjemput.

Hadir dalam kampanye tersebut anggota dewan pengarah TKN sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Jokowi juga nampak didampingi sang istri Iriana, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menko PMK Puan Maharani, Ketua DPD PDI Perjuangan TB Hasanuddin, mantan Menteri KKP Rokhman Dahuri.

Peringatan agar tidak memobilisasi anak dalam kampanye dibeberkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pasalnya, banyak ditemukan anak-anak yang dibawa orangtua mereka untuk ikut menghadiri kampanye.

Adapun Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin kerap memberikan peringatan agar warga yang hadir tidak membawa anak.

Namun, hal tersebut dianggap angin lalu saja, sebab tidak sedikit dari warga yang memang sengaja membawa anak untuk menonton calon presiden nomor urut 01. (Adhi Teguh)