Google Indonesia Sebut Tren Pencarian Beralih ke Konten Lokal Sepanjang 2024 | IVoox Indonesia

April 29, 2025

Google Indonesia Sebut Tren Pencarian Beralih ke Konten Lokal Sepanjang 2024

Feliciana Wienathan, Communications Manager Google Indonesia
Feliciana Wienathan, Communications Manager Google Indonesia, bersama Musikus Bilal Indrajaya dan Pemain Film Jatuh Cinta Seperti di Film, Agus Ringgo, Nirina Zubir dalam acara Top Trending Searches Google 2024 di Jakarta pada Kamis (7/12/2024). IVOOX.ID/Fahrurrazi Assyar

IVOOX.id – Google Indonesia melaporkan perubahan signifikan dalam tren pencarian sepanjang tahun 2024. Pergeseran ini terlihat pada tiga platform utama mereka, yakni Google Search, YouTube, dan Google Play.  

"Yang paling menonjol dalam pencarian tahun ini adalah musik dan juga film. Itu didominasi secara signifikan oleh judul-judul dari anak-anak Indonesia. Itu kalau dari Google Search," ujar Feliciana Wienathan, Communication Manager Google Indonesia, dalam sebuah acara di Jakarta, Kamis (12/12/2024). 

Ia menambahkan bahwa pada platform YouTube, kreator lokal mampu mengadaptasi tren global dengan sentuhan kearifan lokal. "Kalau dari YouTube sendiri, yang paling menarik adalah kreator Indonesia mengambil tren-tren global dan membuatnya memiliki kearifan lokal," ujar Feliciana. 

Tren serupa juga terlihat pada pencarian untuk film, acara TV, dan musik, yang menunjukkan kecenderungan masyarakat untuk lebih mendukung konten dalam negeri. 

“Jadi, dari Google Search, dari YouTube, dari Google Play, kita melihat bahwa satu, Indonesia semakin cinta lokal. Indonesia semakin kreatif, untuk memperkenalkan budaya Indonesia bersama, [tidak hanya] dalam negeri tapi juga luar negeri,” kata Feliciana. 

Google juga mengungkapkan daftar tahunan "Google Play's Best of 2024" yang mencakup berbagai aplikasi dan game terbaik untuk pengguna Indonesia. Dalam daftar tersebut, aplikasi seperti WhatsApp Messenger, DramaBox Stream, dan GGL: Smart Fitness & Nutrition mendapat pengakuan sebagai aplikasi terbaik di kategori masing-masing. Sementara itu, game buatan Indonesia seperti DADOO - Board, Card, and Choos juga berhasil mencuri perhatian. 

Pada kategori hiburan, pencarian untuk film, serial, dan lirik lagu turut mencerminkan dominasi konten lokal. Beberapa judul populer yang menjadi sorotan tahun ini antara lain Siksa Kubur, How to Make Millions before Your Grandma Dies, dan Architecture of Lov*. Untuk lirik lagu, karya seperti Mati-Matian oleh Mahalini dan Untungnya Bumi Masih Berputar menjadi yang paling sering dicari pengguna di Indonesia.

Dengan tren ini, Google menyoroti antusiasme masyarakat Indonesia dalam mendukung karya-karya anak bangsa. Kreativitas yang semakin berkembang tidak hanya memperkuat identitas budaya lokal, tetapi juga membuka peluang lebih luas di tingkat global.

0 comments

    Leave a Reply