Emak-emak UMKM Diajak Meningkatkan Strategi Branding Agar Jualan Mereka Lebih Laku | IVoox Indonesia

May 24, 2025

Emak-emak UMKM Diajak Meningkatkan Strategi Branding Agar Jualan Mereka Lebih Laku

7 Juni 2024_NAT04282
Praktik pelatihan memotret produk. IVOOX.id/dokumentasi.

IVOOX.id – Persaingan dunia usaha terutama UMKM yang semakin menggeliat apalagi sejak pandemi COVID-19, membuat para pelaku berlomba-lomba menyajikan sajian yang terbaik dari produk dan usahanya. Branding memainkan peran yang cukup penting disini. Melalui branding yang tepat, calon konsumen akan tertarik pada produk yang kita tawarkan. Konsumen setia juga bisa semakin loyal.

Namun di lapangan masih banyak ditemui permasalahan yang serupa dimana para pelaku UMKM masih belum memikirkan branding dengan matang dan serius. Salah satunya yang ditemukan pada para pelaku UMKM di Apartemen Transit Ujung Berung, Kota Bandung.

Para pelaku UMKM di lokasi itu, emak-emak alias ibu rumah tangga yang sudah aktif berjualan melalui sistem pre-order (PO) hingga reseller. Produk yang mereka tawarkan bermacam-macam mulai dari kuliner hingga fashion. Namun pemasaran mereka masih kurang optimal karena kurangnya pemanfaatan media sosial terutama branding yang belum terkonsep dengan baik.

Sebut saja logo yang masih belum pasti, packaging yang masih belum konsisten, dan penggunaan media sosial yang masih belum terkonsep menjadikan penjualan belum menembus secara lebih luas. Padahal potensi yang dimiliki sangat mungkin untuk bisa bersaing dengan produk lokal lainnya.

“Membangun branding merupakan tahapan yang sangat penting untuk memulai bisnis. Kita harus memikirkan dengan matang mengenai strategi branding yang efektif untuk menarik minat konsumen agar membeli produk atau layanan kita,” ujar Astri Wulandari, Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Telkom melalui siaran pers yang diterima Ivoox.id, Jumat (28/6/2024).

Sejumlah emak-emak mengikuti Forum Group Discussion (FGD) bertema “PKM Pendampingan dan Pelatihan Social Media, Promotion, dan Brand Identity sebagai Communication Assets pada Komunitas UMKM Apartemen Transit Ujung Berung Kota Bandung”. Acara yang digelar selama tiga kali untuk membantu ibu rumah tangga meningkatkan strategi branding produk yang mereka jual. IVOOX.id/dokumentasi.

Sejumlah emak-emak mengikuti Forum Group Discussion (FGD) bertema “PKM Pendampingan dan Pelatihan Social Media, Promotion, dan Brand Identity sebagai Communication Assets pada Komunitas UMKM Apartemen Transit Ujung Berung Kota Bandung”. Acara yang digelar selama tiga kali untuk membantu ibu rumah tangga meningkatkan strategi branding produk yang mereka jual. IVOOX.id/dokumentasi.

Dari persoalan inilah Astri dan timnya mengajak emak-emak itu untuk meningkatkan strategi branding. Metode yang dipilih berupa Forum Group Discussion (FGD) bertema “PKM Pendampingan dan Pelatihan Social Media, Promotion, dan Brand Identity sebagai Communication Assets pada Komunitas UMKM Apartemen Transit Ujung Berung Kota Bandung”.

Bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Provinsi Jawa Barat, acara ini digelar selama tiga kali mulai dari tanggal 15 Mei, 31 Mei, dan 7 Juni 2024.

Selain Astri, ada narasumber lain, dosen-dosen mumpuni di bidangnya antara lain Chairunnisa Widya Priastuty (social media specialist), Jasmine Alya Pramesthi (e-commerce), dan Yosa Fiandra (fotografi khususnya foto produk). Kegiatan semakin lancar karena dibantu mahasiswa yang mendampingi para peserta saat melakukan praktik mulai dari mengakses, menggunakan, hingga memilih dan menentukan template serta elemen yang tersedia di aplikasi desain.

0 comments

    Leave a Reply