Dramatis, Spurs Singkirkan Manchester City dari Liga Champions

IVOOX.id, Manchester – Harapan Manchester City merengkuh empat gelar musim ini dipastikan gagal setelah tersingkir dari Liga Champions. City harus menerima kenyataan pahit tersingkir dari ajang ini setelah hanya menang 4-3 atas Tottenham Hotspur di Stadion Etihad, Kamis (18/4) dini hari WIB. City kalah dalam agregat gol tandang.

Pertandingan City lawan Tottenham Hotspur menyajikan drama lima gol dalam kurun waktu 21 menit pertama pertandingan. Serangan kedua tim di awal laga seolah dengan mudah menembus pertahanan lawan.

City lebih dulu menghentak lewat gol Raheem Sterling di menit keempat. Menerima sodoran bola dari Kevin De Bruyne, Sterling melepaskan tendangan melengkung yang tak bisa dijangkau oleh Hugo Lloris.

Hotspur lalu memberikan respons mengejutkan dengan dua gol balasan dari Son Heung-min. Bek Manchester City, Aymeric Laporte dua kali membuat blunder dalam gol tersebut.

Di menit ketujuh, upaya Laporte memotong umpan Dele Alli malah membuat bola jatuh ke kaki Son Heung-min yang langsung melepaskan tendangan keras dan berbuah gol.

Tiga menit berselang, Laporte kehilangan bola yang jadi awal serangan cepat Tottenham. Umpan Christian Eriksen ke arah Son Heung-min lalu dilanjutkan tendangan terarah ke pojok kiri gawang.

Pada menit ke-11, City berhasil menyamakan kedudukan lewat Bernardo Silva. Bernardo Silva sukses menjebol gawang Tottenham karena tendangannya yang membentur Danny Rose membuat bola berubah arah dan mengecoh Lloris.

Sepuluh menit kemudian, Sterling memastikan tuan rumah City unggul 3-2 di babak pertama. Umpan silang datar De Bruyne disambut Sterling dengan penyelesaian yang tenang.

Sergio Aguero membuat City memimpin 4-2 lewat tendangan keras ke arah tiang dekat. Saat City ada di atas angin, Tottenham membuat kejutan dengan mencetak gol balasan di menit ke-73. Berawal dari sepak pojok, Fernando Llorente lepas dari penjagaan Aymeric Laporte yang hanya mengikuti di belakangnya. Bola menyentuh tubuh Llorente dan masuk ke dalam gawang.

Wasit Cuneyt Cakir kemudian harus melihat video rekaman sebelum benar-benar memastikan bahwa gol tersebut sah dan tidak dianggap handball. City terus berusaha keras membongkar pertahanan Tottenham Hotspur. Hingga memasuki masa injury time, City akhirnya sukses mencetak gol melalui Raheem Sterling.

Namun setelah melihat review melalui VAR, gol Sterling dinyatakan tidak sah karena Aguero berada dalam posisi offside sebelum mengirim umpan kepada Sterling. Skor 4-3 untuk City bertahan hingga akhir pertandingan dan mereka tersisih karena kalah dalam agresivitas gol tandang.

Susunan pemain kedua tim :

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Kyle Walker, Vincent Kompany, Aymeric Laporte, Benjamin Mendy (Leroy Sane 84); Kevin De Bruyne, Ilkay Guendogan, David Silva (Fernandinho 63); Bernardo Silva, Sergio Aguero, Raheem Sterling.

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Danny Rose; Moussa Sissoko (Fernando Llorente 41), Victor Wanyama; Dele Alli, Christian Eriksen, Lucas Moura (Ben Davies 82); Son Heung-Min. (luthfi ardi)