Cerita Kopi : Ingin Jadi Barista Kopi ? Ketahui Dulu Jenis–jenis Minuman Kopi !

IVOOX.id, Jakarta – Sensasi meminum kopi mengeser popularitas alkohol sebagai minuman pada awal perkembangannya di Eropa. Pada perkembanganya banyak kalangan yang ingin menjadi barista kopi. Saat ini kopi sudah diolah menjadi berbagai jenis minuman.

Cara pengolahan kopi menjadi minuman akan menentukan cita rasanya. Dengan dicampur beberapa item kopi makin menunjukan karakter minuman yang mempunyai cita rasa yang sensasional.

Kopi hitam, merupakan hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan tanpa penambahan perisa apapun. Pengolahan kopi jenis ini, cenderung menyehatkan. Beberapa riset mengemukakan bahwa mengkonsumsi kopi dengan cara ini dapat memaksimalkan kerja jantung.

Espresso, merupakan kopi yang dibuat dengan mengekstraksi biji kopi menggunakan uap panas pada tekanan tinggi. Cita rasa kopi dengan pengolahan ini akan lebih kuat.

Latte (coffee latte), merupakan sejenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara susu dan kopi 3:1. Untuk orang yang tidak terlalu nyaman dengan rasa pahit dari kopi menambahkan susu akan membantu anda menikmati kopi.

Café au lait, serupa dengan caffe latte tetapi menggunakan campuran kopi hitam. Variasi dengan penggunaan kopi hitam dalam membuat latte akan menimbulkan citra rasa baru.

Caffè macchiato, merupakan kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara kopi dan susu 4:1. Ekspresso jika dikombinasikan dengan susu akan menimbulkan citra rasa kopi yang kuat dengan gurihnya susu.

Cappuccino, merupakan kopi dengan penambahan susu, krim, dan serpihan cokelat. Inilah jenis minuman kopi yang menjadi kegemaran semua orang. Cita rasa cappucino yang ringan dan menyenangkan membuat tua muda menggemari minuman kopi jenis ini.

Dry cappuccino, merupakan cappuccino dengan sedikit krim dan tanpa susu. Buat penikmat cappucino yang ingin memperkuat cita rasa kopinya akan memilih minuman ini.

Frappé, merupakan espresso yang disajikan dingin. Penyajian dengan suhu yang berbeda akan menimbulkan rasa unik ekspresso

Kopi instan, berasal dari biji kopi yang dikeringkan dan digranulasi. Minuman ini muncul di masyarakat urban. Sebuah inovasi yang memberikan solusi bagi kalangan yang mempunyai waktu terbatas untuk mengolah kopi. Jenis ini biasanya digunakan sebagai mood booster di pagi hari

Kopi Irlandia (irish coffee), merupakan kopi yang dicampur dengan wiski. Alkohol merupakan minuman terpopuler saat awal masuknya kopi ke eropa. Beberapa kalangan berusahan memadukan kopi dengan alkohol.

Kopi tubruk, kopi asli Indonesia yang dibuat dengan memasak biji kopi bersama dengan gula. Di warung kopi tradisional di pelosok daerah di Indonesia jenis kopi ini merupakan idola. Rasa manis nya membuat orang lebih mudah menikmati jenis ini. Minum kopi jenis ini harus tetap divatasi mengingat kandungan gula didalamnya

Melya, sejenis kopi dengan penambahan bubuk cokelat dan madu. Ini adalah perpaduan yang sensasional. Rasa manis dan gurihnya coklan membuat kopi memiliki rasa unik tersendiri

Kopi moka, serupa dengan cappuccino dan latte, tetapi dengan penambahan sirup cokelat. Rasa coklat akan memberikan ketenangan berpadu dengan rasa kopi yang kuat.

Oleng, kopi khas Thailand yang dimasak dengan jagung, kacang kedelai, dan wijen. Tidak biasa di Indonesia  jenis ini patut dicoba jika anda penggila kopi sejati.

Sudah siap bereksperimen dengan kopi. Jadi mulailah anda mengolah berbagai jenis minuman kopi. Tunjukan anda seorang pencinta kopi sejati.

LEAVE A REPLY