May 5, 2024

Update Terbaru virus covid-19
Indonesia

Memuat...

Dunia

Memuat...

BRI Targetkan Teras Kapal Layani Perbatasan Sulut

iVooxid, Manado - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk menargetkan teras kapal bisa melayani transaksi keuangan masyarakat di perbatasan Sulawesi Utara (Sulut).

"Target ini sudah masuk dalam rencana kerja BRI dalam kurung waktu lima tahun ke depan," kata Komisaria BRI Jeffry Wurangian di Manado, Senin (28/11/2016).

Jeffry mengatakan teras kapal BRI diharapkan juga akan segera melayani masyarakat perbatasan Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud di Sulawesi Utara.

"Selain itu juga bisa mengelilingi pulau-pulau kecil di sekitar tiga kabupaten kepulauan tersebut," katanya.

Karena, katanya, masih banyak masyarakat di pulau-pulau kecil yang mengalami kesulitan dalam mengakses layanan bank.

Dengan adanya, BRISat maka diharapkan teras kapal tersebut mampu melayani masyarakat di kepulauan yang sulit dijangkau oleh layanan informasi dan teknologi, sehingga membuat perbankan enggan untuk membuka kantor di wilayah tersebut.

"Memang perbankan harus hitung-hitunmgan bisnis, namun ini merupakan wujud kepedulian BRI untuk melayani Negara Kesatuan RI," jelasnya.

Pemimpin Wilayah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk DP Oka Maharjana mengatakan Teras BRI Kapal adalah layanan perbankan Bank Rakyat Indonesia yang melayani masyarakat pesisir.

Layanan ini sempat direncanakan untuk diluncurkan pada April 2015 meski kemudian baru diluncurkan pada awal Agustus 2015 dengan jumlah kapal perdana sebanyak satu buah, yaitu kapal Bahtera Seva I.

Kapal ini di tahap awal melayani lima pulau, yaitu Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Kelapa, Pulau Untung Jawa, Pulau Harapan, dan Pulau Panggang.

Layanan ini ditujukan untuk menjembatani kesulitan akses yang dialami masyarakat daerah terpencil, khususnya di wilayah pesisir kepulauan, yang mengakibatkan mereka tidak terjangkau layanan perbankan atau bahkan ada yang belum mengenal produk perbankan.

Dia menyampaikan, di dalam kapal juga terdapat satu mesin anjungan tunai mandiri (ATM), yang berfungsi 24 jam secara online. Layanan perbankan yang diberikan berupa produk simpanan dan pinjaman hingga pembayaran.

"Kami berharap dengan hadirnya teras kapal BRI, masyarakat wilayah pesisir dan kepulauan dapat turut menikmati layanan jasa keuangan," pungkasnya. (ant)

0 comments

    Leave a Reply