BRI Bakal Ganti Semua Kerugian Nasabah Akibat Skimming

IVOOX.id, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk (BBRI) atau BRI bakal mengganti semua kerugian yang dialami nasabahnya apabila hasil investigasi menunjukkan bahwa terbukti skimming.
Untuk diketahui, puluhan nasabah BRI Unit Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur, ramai-ramai mengecek saldo dan memblokir rekening mereka. Hal ini ditengarai adanya belasan nasabah yang melaporkan berkurangnya uang di rekening mereka meskipun tak melakukan penarikan.
Sedikitnya 16 nasabah telah melaporkan berkurangnya uang di rekening mereka secara misterius. Hal itu diketahui saat hendak melakukan transaksi di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dan mendapati uang mereka telah berkurang. Rata-rata uang mereka berkurang mulai Rp500 ribu hingga Rp1 juta.
Menilik pada kejadian dugaan skimming yang terjadi di Kediri, Sekretaris Perusahaan Bambang Tribaroto menjelaskan bahwa Bank BRI telah menyelesaikan investigasi internal secara cepat dan seluruh dana nasabah yang hilang telah dikembalikan secara penuh.
"BRI juga telah mengambil langkah preventif untuk mengantisipasi terjadi hal serupa dengan berbagai langkah yang utamanya dalam rangka untuk mengamankan uang nasabah, baik dari sisi teknologi maupun kebijakan. BRI juga terus mengimbau nasabah agar mengganti PIN secara berkala untuk melindungi transaksinya," ujarnya di Jakarta, Kamis (15/3/2018).
Selain itu, Bank BRI juga sudah menampilkan tayangan pada layar ATM berupa himbauan untuk menutupi tangan saat memasukkan PIN.
Nasabah juga diimbau mengaktifkan SMS notifikasi sehingga dapat langsung mengetahui apabila terjadi kejanggalan transaksi pada rekening dan juga mengmasang BRI Mobile yang memiliki fitur disable card yang memungkinkan nasabah menonaktifkan rekening langsung dari handphone sehingga semakin menambah keamanan rekening nasabah.
"BRI terus melakukan edukasi bagi nasabahnya serta masyarakat secara umum dalam mengamankan transaksi perbankan sehari-hari," tukas Bambang. [ava]

0 comments