Berikut 5 Tempat Freediving Terbaik di Asia Tenggara

Foto: Freepik

IVOOX.id, Jakarta – Bagi para penggemar freediving, Asia Tenggara menjadi salah satu tempat yang paling disukai. Beberapa tempat di kawasan tersebut diakui sebagai surga para penyuka freediving, berikut adalah 5 tempat freediving terbaik di Asia Tenggara.

Freediving sendiri adalah cara menyelam ke dalam air tanpa menggunakan alat bantu pernafasan seperti biasanya, untuk itu kegiatan freediving sangat tergantung bagaimana kemampuan seseorang menyelam.

Bagi sebagian orang, freediving adalah cara untuk menikmati kedalaman laut tanpa harus membawa peralatan yang banyak sebagai alat bantu pernafasan. Beberapa orang lainnya menganggap freediving adalah cara untuk menyatu dengan laut dan alam, sebagian lainnya untuk mengekspresikan diri.

Seperti dilansir dari Seasia.co, berikut adalah 5 tempat freediving terbaik yang berada di Asia Tenggara:

  1. Amed, Bali (Indonesia)

Bali memang sudah sangat terkenal di dunia sebagai destinasi wisata favorit, bahkan sebagian warga negara asing rela untuk menetap di Bali karena keindahannya.

Desa nelayan yang berada di Bali Timur merupakan salah satu tempat freediving paling terkenal di Indonesia, desa itu bernama Amed.

Dengan banyaknya pilihan tempat freediving yang ada, Amed merupakan tempat freediving terbaik yang bisa Anda temukan.

Amed termasuk salah satu tempat penyelaman dengan keberadaan kapal Jepang (Japanese Wreck), sehingga Anda akan bisa menemukan berbagai macam hewan laut di dalamnya. Bulan April dan November merupakan waktu terbaik jika Anda ingin mengunjungi Amed.

  1. Pulau Sipadan (Malaysia)

Malaysia juga memiliki tempat freediving berkelas dunia, tempat itu berada di Pulau Sipadan. Letak Pulau Sipadan sendiri tidak jauh dari Pulau Kalimantan/Borneo.

Di Pulau Sipadan Anda masih bisa menemukan penyu-penyu yang sedang meletakkan telurnya, selain itu juga bisa melihat hiu karang.

Dikenalkan pertama kali oleh penjelajah Prancis Jacques Cousteau, Sipadan merupakan satu-satunya pulau di Malaysia yang dinilai sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

Pulau dan perariran sekitarnya ditetapkan sebagai taman alut oleh pemerintah Malaysia, jadi Anda harus tinggal di pulau terdekat sambil mengatur perjalanan untuk menyelam di Sipadan.

  1. Coron, Palawan (Filipina)

Pulau Coron merupakan pulau terbesar ketiga di Kepulauan Calamian di utara Palawan di Filipina. Pulau ini dikenal karena adanya beberapa rongsokan kapal Jepang peninggalan dari Perang Dunia II.

Coron juga merupakan rumah bagi kuda laut yang aneh dan unil, serta danau yang terdiri dari air tawar dan air asin. Tidak banyak kehidupan laut yang bisa Anda temui disini, tapi ada dinding tebing batu kapur raksasa yang bisa membuat Anda memiliki pengalaman yang tidak terlupakan.

Coron menjadi salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan untuk menyelam, cobalah untuk merencanakan ke depan untuk mengunjunginya.

  1. Kimbe Pay (Papua New Guinea)

Kimbe Bay merupakan daerah yang cukup baru, saat ini tempat tersebut sedang dieksploarsi oleh para freedivers dan juga scuba divers.

Yang menarik dari Kimbe Bay adalah banyaknya keanekaragaman hayati yang ada disana, dengan lebih dari 60 persen spesies karang yang berada di wilayah Indo-Pasifik bisa ditemukan disana, dan juga terdapat lebih dari 860 spesies ikan dan terumbu karang.

Jika beruntung, Anda bisa melihat lumba-luma dan juga beberapa jenis hiu, bahkan ada pesawat tempur Jepang dari Perang Dunia II untuk dijelajahi.

  1. Koh Tao (Thailand)
Panoramic view of Nang Yuan Island at Koh Tao, Thailand

Koh Tao adalah sebuah pulau kecil yang merupakan bagian dari Kepulauan Chumphon di Teluk Thailand.

Siapkan diri Anda untuk menyelam di salah satu tempat favorit para freediver ini, karena Koh Tao memiliki pusat Scuba Diving yang bersertifikat.

Suasana menyelam di perairan tropis dan harga murah inilah yang menjadikan Koh Tao tempat favorit bagi para penyelam dari seluruh dunia, sehingga mendorong wisatawan dalam jumlah yang tinggi.

Anda juga juga bisa melihat ikan kerapu raksasa, hiu macam, dan jika beruntung Anda akan bertemu dengan Hiu Paus.