Banyak Tantangan Operator Seluler Sediakan Layanan Konvergensi | IVoox Indonesia

May 22, 2025

Banyak Tantangan Operator Seluler Sediakan Layanan Konvergensi

menara bersama bisnis com

IVOOX.id, Jakarta - Direktur Eksekutif ICT Institute sekaligus Anggota Komisi Komunikasi dan Edukasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI Heru Sutadi mengatakan bahwa ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para operator dalam menghadirkan layanan konvergensi.

“Sebenarnya kalau kita lihat, apa yang menguntungkan bagi konsumen itu tentu akan kita dukung. Tapi akan ada beberapa catatan ketika fixed mobile convergence (FMC) ini diaplikasikan atau diimplementasikan. Pertama, kualitasnya seperti apa,” kata Heru saat dijumpai usai diskusi di Jakarta Selatan, Kamis.

“Memang harus berhati-hati ketika kita mencoba mengimplementasikan FMC ini untuk apa, kalau memang pelanggan itu membutuhkan, ya ini yang harus benar-benar kemudian kita wujudkan,” imbuhnya, dikutip Antara.

Lebih dalam, Heru juga menyampaikan bahwa model bisnis merupakan salah satu tantangan yang dihadapi oleh para operator saat akan mengembangkan layanan konvergensi. Sebab menurutnya, layanan internet kabel dan seluler mempunyai model bisnis yang berbeda.

“Menariknya memang, di masa pandemi kemarin ada kebutuhan pelanggan seperti itu. Atau sampai sekarang lah. Ketika kita di luar rumah, kita pakai mobile. Tapi ketika kita di kantor kita pasti pakai wifi kantor. Atau di rumah juga pakai wifi. Jadi kita berlangganan dua layanan,” ujar Heru.

“Nanti perlu dilihat ini levelnya yang mana. Apakah levelnya di tingkat jaringan. Convergence itu kan juga merupakan penyatuan ya. Apakah nanti jaringan yang disatukan, atau layanan yang disatukan, atau device yang disatukan,” sambungnya.

0 comments

    Leave a Reply