Bank Mandiri kembali berperan sebagai Bank Penyalur Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2021

IVOOX.id, Jakarta - Bank Mandiri sebagai mitra pemerintah berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam penyaluran Bantuan Subsidi Gaji/Upah (BSU) kepada pekerja/buruh. Hasilnya, perseroan telah menyalurkan BSU kepada total 800 ribu pekerja/buruh dengan nilai Rp800 miliar yang dilakukan dalam dua batch penyaluran, yakni pada 11 Agustus 2021 dan 21 Agustus 2021.
Sedangkan nilai bantuan subsidi gaji/upah yang disalurkan yakni sebesar Rp 1 juta per pekerja/buruh untuk periode dua bulan yaitu Agustus dan September.
Menurut Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas, saat ini pihaknya juga sedang memproses penyaluran BSU batch 3 bagi Penerima yang dilakukan pembukaan rekening baru sebanyak 324.545.
"Atas rekening tabungan baru yang telah terbentuk, selanjutnya oleh Kemenaker akan diverifikasi. Setelah itu Bank Mandiri akan menyalurkan dana BSU kepada penerima BSU yang lolos verifikasi Kemenaker,” kata Rohan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/8).
Rohan melanjutkan, komitmen kuat perseroan pada program BSU dilatarbelakangi keinginan Bank Mandiri untuk menyuseskan agenda Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) guna menjaga momentum laju pertumbuhan ekonomi di tengah kondisi pandemi Covid-19.
Program BSU sendiri diinisiasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dengan melibatkan beberapa institusi lainnya seperti BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) sebagai penyedia data penerima bantuan dan Bank Mandiri serta anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) lainnya sebagai bank penyalur.
Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Idah Fauziah dalam kunjungan kerja ke Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (4/8) kemarin berkesempatan mengunjungi dengan beberapa penerima Program Bantuan Subsidi Gaji/Upah yang disalurkan Himbara. Didampingi Regional CEO Bank Mandiri VII/Jawa 2 Dessy Wahyuni, Menaker juga bertatap muka dan berdialog dengan penerima BSU yang disalurkan Bank Mandiri. Khusus untuk Kota Semarang, total dana BSU yang telah disalurkan Bank Mandiri pada tahun 2021 sebanyak 72 Miliar.
Sejak diluncurkan pada pertengahan lalu 2020 Bank Mandiri bersama Bank HIMBARA lainnya telah menyalurkan total bantuan subsidi gaji/upah kepada 10,2 juta pekerja/buruh di seluruh Indonesia dengan total nilai penyaluran bantuan sebesar Rp 12,26 triliun.
Kemudian pada tahun 2021, HIMBARA kembali berpartispasi dalam penyaluran Bantuan gaji/upah yang rencananya akan disalurkan kepada 8,7 juta pekerja/buruh di seluruh Indonesia dengan total nilai penyaluran bantuan sebesar Rp 8,7 triliun. "Sejak awal, Bank Mandiri telah menjalankan fungsi sebagai Agent of Development dan kami siap untuk terus mendorong penyaluran program bantuan kepada masyarakat, termasuk pada masa seperti saat ini," imbuhnya.
Tentang PT Bank Mandiri (Persero), Tbk
Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury, dan International Banking. Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya yaitu Mandiri Sekuritas dan Mandiri Management Investasi (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/ “Mantap” (kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury and financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (pembiayaan modal ventura).
Saat ini, Bank Mandiri telah mengembangkan layanan dan produk perbankan terbaik melalui Mandiri Digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail. Layanan Mandiri Digital bagi nasabah korporasi termasuk Mandiri Cash Management (“MCM”), Mandiri Internet Bisnis (“MIB”), Mandiri Global Trade, Mandiri Financial Supply Chain Management (“FSCM”), dan Mandiri Application Programming Interface (“API”), sedangkan layanan digital retail meliputi buka rekening online, aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (“MITA”) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62-811-84-14000.
Hingga Juni 2021, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 2.426 kantor cabang dan 1.686 jaringan mikro yang terdiri dari unit dan kios mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 13.102 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/ Plus, Electronic Data Capture (“EDC”), serta jaringan e-banking yang meliputi Mandiri Online, SMS Banking, dan Call Center 14000.

0 comments