Alibaba.com Luncurkan "Guarantee Package" untuk Dukung UMKM Indonesia Menembus Pasar Global | IVoox Indonesia

September 9, 2025

Alibaba.com Luncurkan "Guarantee Package" untuk Dukung UMKM Indonesia Menembus Pasar Global

Head of South and Southeast Asia, Alibaba.com, Roger Luo
Head of South and Southeast Asia, Alibaba.com, Roger Luo dalam peluncuran guarantee Package Alibaba.com di Jakarta Selasa (26/8/2025). IVOOX.id/Fahrurrazi Assyar

IVOOX.id – Alibaba.com, platform e-commerce B2B meluncurkan “Guarantee Package”, sebuah penawaran khusus yang dirancang untuk membantu UMKM di Indonesia memulai atau memperluas transformasi digital mereka, serta menjangkau pasar internasional. Pengumuman ini disampaikan pada gelaran Alibaba.com Indonesia 2025 di Jakarta.

Head of South and Southeast Asia, Alibaba.com, Roger Luo dalam Alibaba.com Indonesia Conference 2025 mengatakan, perdagangan global sedang mengalami pergeseran sangat cepat. Pendefinisian ulang rantai pasokan, ekspektasi pembeli terus berkembang, dan laju digitalisasi semakin cepat.

“Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam, produk yang beragam, dan kreativitas kelas dunia. Akan tetapi, UMKM masih menghadapi hambatan untuk go global, mulai dari standar kualitas dan kepercayaan pembeli, hingga kesiapan digital. Ini bukan cerminan kurangnya potensi, ini adalah sinyal bahwa ekosistem harus bergerak lebih cepat, cerdas, dan kolaboratif,” katanya dalam peluncuran guarantee Package Alibaba.com Selasa (26/8/2025).

Menurut laporan dari Research & Markets 2025, proyeksi nilai pasar (market value) e-commerce B2B global mencapai USD47,5 triliun atau sekitar Rp736.250 triliun pada 2030. Kendati demikian, masih banyak penjual–terutama UMKM di Indonesia yang mengalami kendala menghadapi tantangan dalam ekspansi ke pasar global, seperti pengetahuan terbatas tentang ekspektasi pembeli, prosedur ekspor yang rumit, dan kurangnya perlengkapan digital.

Menangkap peluang tersebut, Alibaba.com memperkenalkan Guarantee Package membantu UMKM Indonesia bersaing di kancah global dan mendukung bisnis yang beralih ke model ekspor online. Program ini dirancang khusus untuk membantu pelaku usaha baru di e-commerce B2B global maupun penjual yang beralih ke kanal digital meningkatkan kepercayaan pembeli, meningkatkan visibilitas, dan mencapai hasil ekspor terukur dalam platform Alibaba.com.

Program ini juga meningkatkan visibilitas produk bagi pembeli dan menyediakan alat untuk mengoptimalkan operasi lintas batas (cross-border) dan capaian komersial, sehingga UMKM Indonesia dapat memenuhi ekspektasi pembeli dengan lebih baik dan memperluas skala ke pasar internasional. Selain itu, Alibaba.com juga akan menyediakan layanan gratis pengembangan mini-site profesional dan pencantuman produk, demi menurunkan hambatan masuk serta mempercepat peluncuran online para eksportir.

"Guarantee Package ini lebih dari sekadar penawaran promosi. Program ini dirancang untuk memberikan hasil terukur bagi UMKM Indonesia untuk berjualan di panggung global. Melalui program ini, kami bertujuan membantu pemasok Indonesia mempercepat partisipasi mereka dalam perdagangan global dan memperkuat resiliensi mereka dalam lanskap rantai pasokan yang dinamis saat ini," kata Luo.

UMKM di Indonesia merupakan tulang punggung perekonomian nasional, menyumbang lebih dari 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap hampir 97% dari total tenaga kerja. Dengan kekayaan produk yang beragam, mulai dari komoditas pertanian dan bahan alami hingga fesyen, furnitur, dan kerajinan tangan. Indonesia memiliki posisi strategis untuk berkompetisi e-commerce global.

Salah satu kisah sukses adalah CV Mulya Rattan. Didirikan oleh Yayang Ayatulloh, seorang guru bahasa Inggris yang beralih menjadi pengusaha, perusahaan ini telah berkembang dari usaha kecil lokal menjadi eksportir global produk rotan setelah bergabung dengan Alibaba.com. Penjualan perusahaan Yayang mencapai USD534,6 ribu atau sekitar Rp7,75 miliar pada musim puncak mencatat performa terbaiknya sejak berdiri pada tahun 2009.

"Kami memulai sebagai eksportir berukuran sedang, mengandalkan panggilan telepon, faks, rujukan dari mulut ke mulut, dan pameran dagang fisik. Sebelum kami bergabung dengan Alibaba.com, jangkauan ke konsumen terbatas. Platform ini telah memberi kami alat, visibilitas, dan dukungan untuk menjangkau pembeli di banyak negara, serta berkembang dalam skala internasional lebih cepat dari yang kami harapkan," kata Yayang.

Dengan menawarkan program praktis dan berisiko rendah yang membantu UMKM Indonesia menjangkau pasar baru, Alibaba.com terus memainkan peran kunci dalam mempercepat digitalisasi pasar e-commerce Indonesia.

0 comments

    Leave a Reply