896 Kasus Narkoba Terungkap di Pekan Kedua September

IVOOX.id, Jakarta – Sebanyak 896 kasus narkoba terungkap pada pekan kedua September 2018. Jumlah ini naik 72 persen dibandingkan jumlah kasus narkoba seluruh Indonesia yang terungkap pada pekan sebelumnya

Mabes Polri/Polri go.id

IVOOX.id, Jakarta – Sebanyak 896  kasus narkoba terungkap pada pekan  kedua September 2018. Jumlah ini naik 72 persen dibandingkan jumlah kasus narkoba  seluruh Indonesia yang terungkap pada pekan sebelumnya

“Pada minggu pertama, terungkap 503 kasus narkoba. Pada minggu kedua, naik menjadi 896 kasus,” kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen  Eko  Daniyanto,  di Kantor Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (14/9).

Sedangkan jumlah tersangka yang ditangkap juga mengalami peningkatan 72 persen. “Sebanyak 659 orang (tersangka) yang ditangkap pada September pekan pertama. Pada pekan kedua, ditangkap 1.138 tersangka,” katanya, seperti dikutip Antara.

Eko merinci jumlah barang bukti sitaan selama pekan kedua September yakni narkotika jenis sabu sebanyak 56,3 kg, 968 kg ganja, 6.700 butir ekstasi.

Sementara barang bukti narkoba yang disita pihaknya pada pekan pertama September yakni 31,6 kg sabu, 18,5 kg ganja, 133 butir ekstasi.

Ia menambahkan, ada beberapa kasus narkoba yang mendapat perhatian selama pekan kedua bulan ini adalah kasus 5 kg sabu yang diungkap Polda Kaltara. Paket sabu asal Malaysia tersebut dibawa dengan kapal nelayan dari Sebatik Timur, Nunukan, Kalimantan Utara. Paket sabu tersebut rencananya akan dibawa ke Sulawesi Selatan.

Kemudian kasus 350 kg ganja yang diungkap Polda Lampung. Modusnya, paket ganja dibawa dengan menggunakan kendaraan Nissan X-Trail yang ditumpuk dengan sejumlah buah jeruk untuk menyamarkan.

Dari hasil pemeriksaan, Eko mengatakan, para tersangka yang ditangkap merupakan kurir dan bandar. Mereka umumnya berasal dari Aceh, Medan (Sumatera Utara), Bengkalis (Riau), dan Batam (Kepri).