2017, Ramayana Lestari Sentosa Alokasikan Belanja Modal Rp400 Miliar | IVoox Indonesia

July 19, 2025

2017, Ramayana Lestari Sentosa Alokasikan Belanja Modal Rp400 Miliar

1

iVOOXid, Jakarta – PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) menganggarkan belanja barang modal (capital expenditure/capex) berkisar Rp300-400 miliar untuk tahun ini. Dana capex yang berasal dari kas internal perseroan itu akan digunakan untuk membiayai transformasi gerai-gerai Ramayana yang telah ada serta membiayai pembukaan 4 gerai baru pada tahun ini.

“Tahun ini, kami akan melakukan transformasi bagi 20 gerai Ramayana. Hingga Mei ini, kami sudah melakukan transformasi 7 gerai. Hingga akhir tahun ini, kami akan mentransformasikan 13 gerai lagi,” ujar Suryanto, Direktur Keuangan RALS, di Hotel Ashley Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (16/05/2017).

Suryanto menjelaskan, biaya untuk melakukan transformasi gerai mencapai sekitar Rp1,5 juta per meter persegi. Sedangkan biaya untuk membuka gerai-gerai baru sebesar Rp2,5 juta per meter persegi. Perseroan hingga Mei ini sudah membuka dua gerai baru di Pondok Aren dan Kota Harapan Indah Bekasi.

“Hingga akhir tahun ini, kami akan kembali membuka dua toko di Jatinegara, Jakarta Timur, dan Cikupa, Tangerang. Luas gerai di Cikupa mencapai 8.000 meter persegi dan di Jatinegara hanya seluas 4.000 meter persegi,” tutur Suryanto.

Dengan demikian, menurut Suryanto, maka biaya yang dibutuhkan untuk pembukaan gerai baru di Cikupa mencapai sekitar Rp20 miliar dan di Jatinegara hanya sebesar Rp10 miliar. Gerai di Jatinegara relatif lebih kecil dibandingkan dengan yang di Cikupa karena perseroan tidak mengoperasikan supermarket di gerai Ramayana di Jatinegara.

“Kami tidak mendapatkan izin untuk membuka supermarket di gerai Jatinegara karena ada pasar tradisional di sekitarnya,” imbuh Suryanto.

Suryanto menegaskan, transformasi gerai yang dilakukan perseroan adalah pengubahan pola belanja konsumen dengan mengubah merchandising, layout interior gerai dan juga perubahan cara mendatangkan konsumen ke gerai Ramayana sehingga konsumen selain berbelanja, juga akan menikmati berbagai hiburan yang disediakan Ramayana.

Disamping itu, menurut Suryanto, untuk menarik para pengunjung, Ramayana kini menggandeng para artis ternama untuk di-endorse. Nama-nama artis beken yang sudah digandeng Ramayana diantaranya Rafi Ahmad, Ayu Tingting, Aliando. Oleh karena itu Ramayana kini mengusung tagline ‘#Keren adalah Hak Segala Bangsa’.[abr]

0 comments

    Leave a Reply