17 Fakta Unik Sains yang Mungkin Belum Anda Ketahui

IVOOX.id – Masih banyak fakta sains yang mungkin belum kita ketahui, bahkan beberapa tidak terdapat pada pelajaran di sekolah. Apa saja fakta unik sains yang tidak diketahui banyak orang?

  1. Ada Lebih Banyak Pohon di Bumi Daripada Bintang-Bintang di Galaksi Kita

Para ahli NASA percaya mungkin ada di mana saja dari 100 miliar hingga 400 miliar bintang di galaksi Bima Sakti. Namun, sebuah makalah tahun 2015 yang diterbitkan di jurnal Nature memperkirakan bahwa jumlah pohon di seluruh dunia jauh lebih tinggi yaitu sebanyak 3,04 triliun.

  1. Oksigen Memiliki Warna

Sebagai gas, oksigen tidak berbau dan tidak berwarna. Namun dalam bentuk cair dan padatnya, oksigen akan berwarna biru pucat.

  1. Pisang Bersifat Radioaktif

Pisang mengandung kalium, dan sejak kalium meluruh, itu membuat mereka sedikit radioaktif. Tetapi tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Anda harus makan 10.000.000 pisang sekaligus untuk mati karena keracunan radiasi, seperti dilansir dari Forbes.

  1. Air Panas Membeku Lebih Cepat Daripada Air Dingin

Fakta ini tampaknya berlawanan dengan intuisi, tetapi itu disebut efek Mpemba, setelah seorang mahasiswa Tanzania bernama Erasto Mpemba yang memberi tahu gurunya daripada campuran panas es krim membeku lebih cepat daripada es krim dingin.

Para ilmuwan sekarang percaya ini adalah karena kecepatan partikel air memiliki disposisi tertentu ketika mereka panas yang memungkinkan mereka untuk membekukan lebih mudah. Jika terbukti benar, temuan ini juga dapat memiliki implikasi dalam kehidupan sehari-hari, seperti mendinginkan perangkat elektronik.

  1. Air Dingin Memanas Lebih Cepat dari Air Panas

Para peneliti yang menyelidiki penyebab efek Mpemba membuat penemuan ini juga. Mereka secara mengejutkan menamai fenomena itu sebagai efek Mpemba terbalik.

  1. Manusia Memiliki Hubungan dengan Jamur

Sebuah studi 2015 dari Universitas Cambridge menunjukkan bahwa umat manusia mungkin telah berevolusi dengan gen yang berasal dari tumbuhan. Karena temuan tersebut, peneliti menerima bahwa sekitar 1 persen genom manusia dapat diperoleh dari tumbuhan, seperti dilansir dariThe Telegraph.

  1. Manusia Memiliki Banyak DNA

Para ilmuwan memperkirakan bahwa ada lebih dari 3 miliar pasangan basa DNA dalam gen manusia dan lebih dari 25.000 gen dalam gen manusia. Seluruh salinan genome itu ada di setiap 10 triliun sel di tubuh manusia. Jika semua DNA itu berbaris, itu akan menutupi jarak antara Bumi dan matahari 100 kali.

  1. Hujan Berlian Dapat Terjadi di Planet Lain

Berlian adalah benar-benar teman terbaik galaksi Bima Sakti. Studi telah meneliti potensi bahwa Neptunus, Uranus, Jupiter, dan Saturnus harus menghasilkan berlian. Atmosfir di keempat planet ini memiliki tekanan ekstrim sehingga mereka dapat mengkristalisasi atom karbon dan mengubahnya menjadi berlian.

Para ilmuwan mampu menciptakan kondisi yang benar di laboratorium untuk membuktikan ini terjadi pada Neptunus dan Uranus. Secara terpisah, sekelompok peneliti yang berbeda berspekulasi bahwa itu mungkin akan hujan sebanyak 2,2 juta pon berlian di bagian Saturnus setiap tahun.

  1. Anda Bisa Membuat Bola Terbang

Jika Anda memutar bola saat menjatuhkannya, bola akan terbang di udara saat jatuh. Ini disebut efek Magnus, dan itu membuat bermain tenis dan sepak bola jauh lebih mudah.

  1. Air Bisa Ada di Tiga Negara Sekaligus

Ini disebut Triple Boil, dan pada suhu itu, air ada sebagai gas, cairan, dan padatan secara bersamaan. Ini membutuhkan kondisi yang sangat spesifik untuk dicapai, jadi jangan pernah berpikir untuk mencobanya di rumah.

  1. Hanya Satu Jenis Mamalia yang Memiliki Sayap

Mamalia itu adalah kelelawar. Meskipun tupai terbang dapat melompat dari pohon dan meluncur, mereka tidak dapat benar-benar terbang seperti kelelawar.

  1. Helium Juga Bisa Bekerja Melawan Gravitasi

Ketika helium didinginkan hingga suhu ekstrim, hanya beberapa derajat dari nol mutlak (-460˚F atau -273˚C), helium berubah menjadi superfluid, yang berarti ia dapat mengalir tanpa gesekan. Ia bisa memanjat ke atas dan melewati sisi-sisi gelas. Dapat bocor melalui celah-celah berfikir molekul dalam wadah. Jika mulai mengalir seperti air mancur, itu tidak akan pernah berhenti.

  1. Solar Flare Memiliki Efek yang Sangat Kuat

Energi yang mereka lepaskan setara dengan bom atom 100 megaton yang meledak sekaligus. Sungguh bagus atmosfer Bumi melindungi kita dari radiasi mereka.

  1. Tidak Mungkin Bersendawa di Ruang Angkasa

Ketika Anda bersendawa di Bumi, gravitasi menahan zat padat dan cairan dari makanan yang baru saja Anda makan, sehingga hanya gas yang keluar dari mulut Anda. Dengan tidak adanya gravitasi, gas tidak dapat dipisahkan dari cairan dan padatan, sehingga bersendawa pada dasarnya berubah menjadi muntah.

  1. Sekitar Setengah dari Tubuh Anda Adalah Bakteri

Sebuah studi 2014 memperkirakan bahwa tubuh manusia terdiri dari 39 triliun bakteri dan 30 triliun sel manusia. Di masa lalu, peneliti mengira kita lebih banyak bakteri daripada manusia dengan rasio 10: 1. Meskipun perhitungan baru ini mungkin mendekati angka yang sebenarnya, ini bukan fakta yang sulit.

  1. Pria Lebih Cenderung Buta Warna Daripada Wanita

Gen yang bertanggung jawab untuk jenis buta warna yang paling umum ditemukan pada kromosom X, National Eye Institute menjelaskan. Bahkan jika wanita memiliki gen di salah satu dari dua kromosom X mereka, gen yang berfungsi dengan baik pada gen yang lain akan menggantikannya. Jika pria mewarisi gen pada satu-satunya kromosom X mereka, mereka akan menjadi buta warna

  1. Kita Tidak Tahu Seperti Apa Rupa Sebagian Besar Alam Semesta

Sekitar 96 persen dari alam semesta terdiri dari materi gelap dan energi gelap, yang tidak terdeteksi oleh manusia. Para ilmuwan percaya ini karena partikel-partikel yang membentuk zat-zat ini tidak berinteraksi dengan materi reguler atau cahaya.

Meskipun penemuan ilmiah secara konstan dibuat tentang bintang, planet, dan galaksi lain yang dapat kita lihat, mustahil untuk membuat kesimpulan tentang hal-hal yang tidak terlihat oleh mata kita.