Warga Pantura Sambut Program 01

IVOOX.id, Banyumas — Daerah pantai utara Pulau Jawa yang dinamis dan masih memiliki banyak potensi ekonomi masuk daftar prioritas pemerintah pusat untuk lebih dikembangkan. Pemanfaatan infrastruktur Tol Trans-Jawa yang sudah ada akan diperluas ke daerah lain yang belum memiliki tol sehingga daerah tersebut akan terhubung dengan kota-kota pantai utara Jawa, seperti Banyumas, Tegal, dan Brebes.

Hal itu ditekankan calon presiden petahana Joko Widodo saat menggelar kampanye terbuka hari ke-12 di Jawa Tengah, kemarin. Di kawasan Banyumas, Tegal, dan Brebes, capres dengan nomor urut 01 itu ditemani ibu negara, Iriana, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir.

“Saya yakin, warga Banyumas telah merasakan manfaat dari pembangunan tol untuk kelancaran konektivitas dan penurunan biaya logistik. Berikutnya, warga harus memanfaatkan ini untuk penciptaan nilai tambah ekonomi. Selain itu, saya berharap warga Banyumas siap untuk mengembangkan pariwisata karena nanti wilayah utara dan selatan Pulau Jawa akan terhubung dengan tol,” ucap Jokowi di Lapangan Sasana Mandala Krida, GOR Satria Purwokerto, kemarin.

Dalam rangka membuka jalur transportasi antara utara dan selatan Pulau Jawa, sudah ada rencana besar membuat Tol Brebes-Banyumas-Cilacap disambung Tol Cileunyi-Garut-Tasik yang terhubung hingga Banyumas.

Selain itu, khusus untuk meningkatkan mobilisasi barang di wilayah ini, akan ada pembangunan double track Kereta Purwokerto-Kroya.

Lalu, Bandara Purbalingga ditargetkan rampung akhir 2019. (Adhi Teguh)