Vettel Kurang Percaya Diri Usai Sesi Latihan Bebas GP Australia

 

IVOOX.id, Melbourne – Juara dunia empat kali Sebastian Vettel mengaku tak yakin dengan mobil Ferrari SF90 yang dia kendarai usai mendapati hasil kurang memuaskan di sesi latihan bebas GP Australia di Melbourne, Jumat (15/3).

Setelah digeser oleh Lewis Hamilton (Mercedes), yang memuncaki waktu tercepat sesi latihan bebas FP1 dan FP2 di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Vettel, yang lebih lambat 0,873 detik dari rival utamanya itu mengeluhkan masalah handling mobil kepada tim lewat radio, demikian Reuters pada Jumat.

Pebalap asal Jerman itu juga sempat tergelincir di rumput di luar trek dan kemudian mengatakan bahwa mobilnya masih bergoyang, tidak stabil, di tikungan, setelah sempat masuk di pit untuk diperbaiki.

Sementara itu rekan satu timnya, Charles Leclerc, juga sempat tergelincir di trek saat turun di FP2 dan hanya mampu mencetak waktu tercepat ke sembilan dalam debutnya bersama tim Kuda Jingkrak itu.

Ferrari beberapa kali mengungguli Mercedes ketika tes pramusim, tapi Vettel berang dengan mengatakan bahwa mobil yang dia kendarai kali ini terasa berbeda dengan apa yang dia gunakan di tes pramusim di Barcelona.

“Aku pernah merasa seperti ini beberapa kali. Aku bisa merasakan bahwa aku menaiki mobil yang sama ketika tes, tapi dia tidak tampil sebagaimana mestinya,” kata Vettel yang mengincar kemenangan ketiga kalinya berturut-turut di Albert Park itu. “Dia tidak melakukan apa yang aku mau di sana-sini jadi itu lah kenapa aku kurang percaya diri,” kata Vettel.

“Pada titik ini kami semua berusaha keras untuk memahami apa yang terjadi di sesi tadi.”

Vettel finis di peringkat lima pada sesi FP2. Usai tes pramusim, Lewis Hamilton sempat mengatakan bahwa Ferrari lebih cepat setengah detik daripada mobil Mercedes dan menekankan bahwa dia dan tim masih harus berbenah dengan pekerjaan rumah yang banyak.

Namun demikian, Hamilton, juara dunia lima kali itu, beserta rekan satu timnya, Valtteri Bottas mendominasi sesi latihan bebas pada Jumat dengan waktu tercepat pertama dan kedua. Vettel pun mengaku terkejut dengan waktu kedua mobil Mercedes itu. “Aku tidak paham, jujur. Jadi itu sedikit mengejutkan,” kata Vettel. (luthfi ardi)