Tunjuk Ma’ruf Amin, PBNU Yakin Jokowi Tak Salah Pilih

IVOOX.id, Jakarta – Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siraj mengaku tak mengira jika Jokowi menjatihkan pilihannya ke Rais Aam NU Ma’ruf Amin sebagai cawapresnya untuk menghadapi Pilpres 2019. Padahl, PBNU semula menduga Mahfud MD lah yang akan dipilih sebagai cawapres oleh Jokowi.

“Kami enggak mengira, enggak menyangka dari pagi yakin Mahfud MD. Allah menunjukkan kebesaramnya, qada dan qadar-nya, kewenangan Allah tidak ada yang bisa menghalangi,” kata Said Aqil di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Said mengucapkan terima kasih kepada Jokowi dan parpol koalisi karena telah memberikan kursi cawapres kepada Ma’ruf. Said yakin pilihan Jokowi tidak keliru.

Menurut Said, Ma’ruf adalah cawapres yang ideal lantaran bernuansa nasionalis-religius.

Selain itu, Said juga mengatakan kapasitas Ma’ruf memimpin bangsa sudah tidak bisa diragukan lagi. Kelebihan lain dari Ma’ruf di mata Said yakni seorang ulama yang bersih. Apalagi Ma’ruf saat ini juga menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Kita yakin Ma’ruf Amin ulama yang bersih dari masalah-masalah yang biasanya menyangkut tokoh nasional,” kata Said.

Said lantas menjelaskan bahwa Ma’ruf adalah anggota NU tulen sejak muda.

Ma’ruf adalah murid dari pendiri NU Hasyim Asy’ari. Ma’ruf juga pernah menjabat sebagai ketua Banser NU Serang, Banten serta anggota DPRD DKI Jakarta fraksi Partai Nahdlatul Ulama

“Dan ketika berdiri PKB, era reformasi, beliau menjadi ketua Dewan Syuro. Bukan Gus Dur. Gus Dur pendiri,” ucap Said.