Tina Astari Bakal Produseri Film Biopic Tokoh Sultan Hamid II

IVOOX.id, Jakarta – Setelah menikah dan dikaruniai dua anak, aktivitas Tina Astari di ranah hiburan memang tak seaktif sebelum menikah. Di tahun ini, Tina memiliki rencana untuk berada di belakang layar dengan menjadi produser dan membuat satu film bergenre Biopik.

“Ada rencana aku tahun ini mau di belakang layar, jadi produser untuk satu film bergenre biopik. Doakan lancar ya,” ujar Tina di Jakarta, Jumat (11/1).

Artis yang aktif di dunia hiburan sejak membintangi sinetron “Darah Gudang” (2002) ini membocorkan film yang akan dibuatnya itu mengangkat kisah salah satu sosok pendiri bangsa, yakni Sultan Hamid II dari Pontianak. Yang ingin dikisahkan di film itu, salah satunya adalah cerita dibalik lahirnya lambang Garuda sebagai lambang negara yang lahir dari imajinasi Sultan Hamid II.

“Jadi ini kisah Sultan Hamid II, yang menciptakan lambang negara kita, nggak banyak orang yang tahu, makanya bagus dijadikan film biopik,” papar Tina.

Tina mengatakan meski orang tahu lambang Garuda sebagai lambang negara, namun tak banyak yang tahu siapa pembuatnya. “Ini kan pengetahuan sejarah kita ya. Perlu diketahui oleh anak-anak sekarang. Jangankan anak, orang dewasa aja banyak yang lupa siapa pembuat lambang negara. Makanya aku sama suami aku yang kebetulan orang Kalimantan Barat, ingin mengangkat kisah beliau. Supaya orang sekarang tahu siapa sosok dibalik lambang negara kita,” jelas Tina.

Untungnya, untuk mencari tahu seperti apa kisah hidup samg sultan, Tina mendapat dukungan penuh oleh pihak keluarga kerajaan di Kalimantan Barat. Tina pun sudah mulai mencari tahu sosok Sultan Hamid untuk menambah wawasannya untuk film tersebut.

“Kalau dari kerajaan sangat mendukung. Aku juga mencari tahu sosok beliau, aku buka banyak literatur. Ternyata, beliau sosok lelaki yang tampan dan flamboyan semasa hidupnya. Oh ternyata beliau ganteng ya. Sosoknya flamboyan lagi,” beber Tina.

Sejauh ini, Tina masih terus melakukan persiapan untuk filmnya itu. Soal siapa yang bakal memerankan tokoh Sultan Hamid II, Tina masih melakukan penelitian dan belum menemukan sosok yang tepat. (luthfi ardi)