Tim-tim Inggris Bakal Belanja Besar-besaran

 

IVOOX.id, London – Setelah menuntaskan Liga Inggris musim ini, tim-tim besar bakal memulai perburuan pemain baru untuk memperkuat skuat mereka di musim depan. Langkah itu dilakukan untuk menghadapi persaingan di musim depan yang dipastikan bakal semakin ketat.

Belanja besar-besaran pada bursa transfer musim panas kemungkinan akan terjadi setelah musim lalu Liga Inggris tak terlalu banyak melakukan pengeluaran. Kurangnya jumlah aktivitas di bursa transfer musim panas tahun lalu sebagian besar karena klub hanya memiliki waktu singkat untuk menyelesaikan bisnis mereka antara akhir Piala Dunia dan tenggat waktu transfer baru, yang jatuh sebelum musim dimulai.

Batas waktu transfer Liga Premier akan kembali seperti sebelumnya. Sama seperti liga-liga besar lainnya di Eropa, jendela transfer akan ditutup pada pada 8 Agustus. Itu berarti klub-klub tidak bisa membuang waktu. Jendela untuk transaksi domestik dibuka pada hari Kamis (16/5). Sementara transfer internasional dapat diselesaikan mulai 11 Juni.

Sejumlah klub mulai bersiap memboyong pemain untuk memperkuat skuat mereka musim depan. Manchester City, meski juara Liga Inggris itu telah merebut 198 poin yang luar biasa selama dua musim berturut-turut menang dalam perebutan gelar, pelatih Pep Guardiola berjanji tim asuhannya akan lebih kuat musim depan. Janji Guardiola itu bisa terwujud jika klub berinvestasi besar-besaran.

City menghadapi kemungkinan larangan transfer karena investigasi FIFA atas rekrutmen pemain asing di bawah umur dan gelontoran dana dari pihak ketiga. Situasi itu membuat “The Citizen” mungkin memiliki kesempatan terakhir untuk merekrut pemain dalam 18 bulan ke depan.

City juga menghadapi ancaman larangan bermain di Liga Champions dari UEFA atas pelanggaran Financial Fair Play. Jika dijatuhkan, sanksi kemungkinan akan diberlakukan pada musim 2020-2021 dan itu membuat City hanya memiliki kesempatan pada musim berikutnya untuk memenangkan kompetisi untuk pertama kalinya.

Pemain Atletico Madrid Rodri, yang memiliki klausul pembelian 70 juta euro (1,2 triliun rupiah), dilaporkan telah ditargetkan sebagai pengganti jangka panjang untuk Fernandinho yang berusia 34 tahun. Rodri akan diharapkan bisa diandalkan di lini tengah.

Bek tengah juga dianggap sebagai prioritas. City berada di antara klub yang mengejar pemain muda Ajax, Matthijs de Ligt. Nicolas Otamendi dan kapten Vincent Kompany kemungkinan akan hengkang.

Pesaing City, Liverpool adalah klub dengan belanja terbesar di Liga Inggris musim lalu. Mereka melakukan investasi sebesar 170 juta pound. Belanja besar itu berbuah capaian poin tertinggi “The Reds” di Liga Inggris dan kembali ke final Liga Champions.

Tapi tidak ada kehebohan seperti itu diharapkan di Anfield bursa transfer musim panas ini karena Klopp memilih untuk mempertahankan skuatnya.

Alberto Moreno dan Daniel Sturridge akan hengkang  dengan transfer gratis. Sementara perlindungan diperlukan untuk Andy Robertson di posisi bek kiri dan di depan diperlukan cadangan untuk Roberto Firmino.

Tak hanya dua klub pemuncak klasemen tersebut, Tottenham juga bersiap memperkuat skuat. Pelatih Mauricio Pochettino telah melakukan keajaiban untuk membawa tim asuhannya ke final Liga Champions dan kembali ke kompetisi itu musim depan. Hal itu sanggup dilakukannya meski belum merekrut pemain sejak Januari 2018.

Pelatih asal Argentina itu, telah memberikan tekanan pada dewan klub Tottenham yang terkenal hemat untuk mendukungnya pada bursa transfer musim panas ini. Klub telah pindah ke stadion baru berkapasitas 62.000 penonton. Stadion itu menghabiskan biaya lebih dari 1 miliar pound (18,5 triliun rupiah) dan telah menghambat pengeluaran Spurs dalam musim-musim terakhir.

Pemain Fulham, Ryan Sessegnon adalah target di posisi bek kiri. Dia akan bersaing dengan Danny Rose. Sementara klub itu juga membutuhkan cadangan yang lebih kuat untuk Harry Kane. Pemain itu harus lebih tajam dibanding Fernando Llorente.

Klub ini juga telah dikaitkan dengan sejumlah gelandang, termasuk pemain Barcelona Andre Gomes, Youri Tielemans, yang bersinar dengan status pinjaman di Leicester. Spurs juga mengincar kapten Aston Villa Jack Grealish.

Spurs juga mencari pengganti Christian Eriksen yang habis kontrak pada tahun 2020 sama seperti pemain kunci lainnya Toby Alderweireld.

Chelsea mungkin tidak dapat melakukan aktivitas apapun karena mereka saat ini dilarang FIFA untuk mendatangkan pemain untuk dua jendela transfer. Klub berencana untuk mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dan berharap larangan itu ditangguhkan sampai ada putusan.

Eden Hazard kemungkinan akan pindah ke Real Madrid. Situasi itu akan membuat “The Blues” tanpa pemain terbaik. Christian Pulisic didatangkan pada Januari untuk mengisi kekosongan dan dia akan datang dari Borussia Dortmund. Chelsea mungkin terpaksa bergantung pada pemain-pemain muda berbakat yang sekarang dipinjamkan.

Manchester United menghadapi tugas dan tantangan berat setelah terpuruk musim ini. Mereka gagal lolos ke Liga Champions dan finis lebih dekat dengan zona degradasi dibanding puncak klasemen.

Ole Gunnar Solskjaer telah menjanjikan perubahan besar. MU kemungkinan akan menjual pemain yang bergaji besar untuk membuat situasi keuangan mereka lebih baik. Paul Pogba bisa dijual ke Real Madrid, sementara Romelu Lukaku telah menarik minat Serie A.

Bek tengah tetap menjadi prioritas. Pemain Napoli, Kalidou Koulibaly menjadi target utama. Pemain asal Senegal itu kemungkinan akan memecahkan rekor transfer dunia untuk seorang bek. (luthfi ardi)