EMITEN PT BANK RAKYAT INDONESIA

Tes Orbit BRISat Segera Rampung

 

iVooxid, Jakarta — Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Asmawi Syam mengatakan tes orbit satelit BRI (BRISat) akan selesai di periode antara akhir Juli dan pertengahan Agustus 2016.

“Tes orbit harusnya pertengahan Agustus sudah selesai, tapi diusahakan selesai akhir bulan ini. Kelanjutan kalau bisa diusahakan lebih cepat dari jadwal, antara 29 dan 30 Juli,” kata Asmawi ketika ditemui di Gedung BRI 1, Jakarta, Jumat (22/7/2016).

Setelah nanti selesai menjalani tes orbit, BRISat akan segera diserahkan (hand over) oleh perusahaan penyedia satelit komersial Space Systems Loral (SSL) kepada BRI untuk dioperasikan sesuai kebutuhan pengembangan perbankan digital.

“Kalau sudah sempurna (tes orbit) bisa di-‘hand over’ atau diberikan akses sepenuhnya untuk mengendalikan satelit. Tentu dengan pendampingan, tapi kendali sudah di Jakarta,” kata Asmawi.

Asmawi menceritakan posisi BRISat telah sampai di orbit sejak 10 hari sejak peluncuran pertengahan Juni 2016. Tes orbit dilakukan untuk mendeteksi hal-hal apa terkait pengoperasian satelit yang sudah berfungsi.

Pelaksanaan tes orbit tersebut dilakukan paralel antara markas SSL di Amerika Serikat dan stasiun di Indonesia.

Sebelumnya, BRIsat meluncur ke orbit pada Minggu pagi (19/6) pukul 04.39 WIB, atau Sabtu (18/6) pukul 17.30 waktu Kourou, Guyana Prancis, Amerika Selatan. BRIsat dibawa oleh roket peluncur Ariane 5 dari Bandar Antariksa Guyana di Kourou.

BRIsat menurut rencana akan mengorbit di atas Papua, Indonesia. Orbit tujuannya adalah titik koordinat 150,5 derajat Lintang Timur.

BRI berencana memberikan layanan perbankan secara digital.

Asmawi berharap BRISat dapat memperbaiki kualitas pelayanan menjadi lebih cepat, lebih baik, dan lebih akurat melalui pemanfaatan teknologi informasi. [ant]