Tertekan Sentimen Domestik dan Global, Rupiah Terjun 124 Poin di Pasar Spot

IVOOX.id, Jakarta – Nilai tukar rupiah di pasar spot terjun bebas 124 poin atau 0,86% ke level Rp15.602 per dolar AS pada pukul 09.00 WIB, Senin (13/8), setelah sebelumnya dibuka turun 0,7% menjadi Rp14.579 per dolar AS.

Sebelumnya, sejumlah analis memperkirakan pergerakan rupiah terhadap dolar AS akan variatif dengan kecenderungan melemah untuk hari ini.

Analis Binaartha Sekuritas, M Nafan Aji Gusta Utama, memaparkan perspektif teknikal terlihat pola bullish engulfing line candlestick pattern pada daily chart yang mengindikasikan adanya potensi depresiasi bagi rupiah terhadap dolar AS.

Perspektif fundamental, rupiah diprediksikan mendapatkan tekanan akibat faktor perang dagang yang terjadi antara AS dengan Tiongkok.

Di sisi lain, hawkish statement dari pejabat The Fed Charles Evans yang menegaskan bahwa AS memiliki fundamental perekonomian yang positif.

Oleh karena itu, dolar AS cenderung terapresiasi terhadap berbagai instrumen lainnya, baik itu forex dan komoditas.

Sementara itu, untuk data makroekonomi dalam negeri yang disoroti oleh para pelaku pasar adalah terkait dengan data current account pada kuartal II yang diperkirakan akan mengalami kenaikan defisit dari US$5,5 miliar menjadi US$5,6 miliar, sehingga berpotensi memberikan sentimen negatif bagi rupiah.

Pergerakan kurs rupiah terhadap dollar AS pada hari ini pada rentang 14460 – 14540.

Nilai tukar rupiah di pasar spot melemah 124 poin atau 0,86% ke level Rp15.602 per dolar AS setelah dibuka turun 0,7% di level Rp14.579.