Ternyata Daun Kemangi Banyak loh Manfaatnya

IVOOX.id, Jakarta — Selama ini banyak yang mengetahui daun Kemangi hanya untuk dimakan sebagai lalapan. Hampir di setiap gorengan ikan dan ayam, daun kemangi selalu disertakan bersama ketimun dan sambel untuk lalapan. Aromanya yang khas, kuat namun lembut menjadi daya tarik bagi siapa saja untuk menikmati.

Di Thailand ia dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat.

Tapi tahukan Anda? Selain sebagai lalapan daun kemangi juga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat kemangi untuk kesehatan:

1. Mengobati Demam

Daun kemangi kaya akan fitonutrien dan minyak penyembuhan, yang membuat daun kemangi sangat efektif dalam menyembuhkan demam malaria dan demam berdarah. Rebus Daun kemangi yang sudah dihaluskan dan ditambah dengan teh.

Untuk demam yang tinggi bisa juga dengan menggunakan rebusan daun kemangi, gula, dan susu yang dicampur dengan bubuk kapulaga dan ditambahkan dengan sekitar ½ liter air kemudian ramuan tersebut diminum untuk menurunkan demam.
 
2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang banyak dimiliki daun kemangi membantu menjaga kesehatan mata. Betakaroten sangat baik untuk kesehatan mata dan mencegah mata dari penyakit – penyakit yang tidak diinginkan seperti rabun, katarak dsb.
 
3. Membantu mengobati batuk

Daun kemangi sudah sejak lama digunakan untuk membantu mengobati batuk. Hasiat yang dimiliki daun kemangi dipercaya mampu mengencerkan dahak dan menghilangkan gatal di tenggorokan saat batuk. Anda bisa memakannya secara langsung dibuat sebagai lalapan, dibuat teh atau rebusan daun kemangi yang diminum saat hangat. 
 
4. Melancarkan aliran darah

Manfaat daun kemangi untuk membantu pembuluh darah dan jantung agar rileks, serta aliran darah di dalam tubuh akan tetap lancar. Hal ini karena di dalam daun kemangi memiliki kandungan magnesium.
 
5. Membantu perkembangan tulang

Daun kemangi ternyata juga membantu perkembangan tulang, karena kandungan fosfor dan kalium didalamnya yang bermanfaat dalam pembentukan dan perkembangan organ tulang, sehingga juga mencegah masalah tulang keropos.

6.  Meredakan Masuk Angin

Daun kemangi mampu meredakan demam dan masuk angin yang diderita oleh balita. Caranya Ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung balita. (Adhi Teguh)

LEAVE A REPLY