Target Penjualan Apple Diturunkan Gara-Gara Perang Dagang AS-China

IVOOX.id, Jakarta – Apple menurunkan target penjualan mereka pada kuartal I-2019. Perusahaan tersebut telah memberikan surat pemberitahuan kepada para investor.

Perusahaan teknologi raksasa ini menurunkan target penjualan menjadi US$ 84 miliar. Pada awalnya Apple menargetkan penjualan di antara US$ 89 miliar sampai US$ 93 miliar. Selain itu, Apple juga menurunkan margin kotornya menjadi 38% dari 38,5%.

Melemahnya ekonomi China membuat Apple menurunkan target yang telah ditetapkan. Pendapatan yang akan didapat dari produk iPhone juga akan lebih rendah dari yang diperkirakan.

Apple menyebutkan, pendapatan yang menurun diperkirakan tidak hanya terjadi di China. Namun, juga akan terjadi di beberapa negara lain.

CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa melemahnya pendapatan iPhone disebabkan oleh naiknya harga seiring menguatnya dolar Amerika Serikat (AS) serta penggantian baterai iPhone yang lebih murah.

“Jika kalian melihat hasil kami, penurunan kami lebih dari 100% dari iPhone, terutama di China,” terangnya seperti dikutip dari CNBC, Kamis (3/1/2019).

“Sudah jelas bahwa ekonomi mulai melambat di China untuk kuartal kedua. Saya yakin penyebab masalahnya adalah ketegangan perdagangan antara AS dan China,” tambah dia.

Hasil laporan menunjukkan, penjualan iPhone melemah dalam beberapa bulan terakhir. Hal itu disebabkan oleh distributor yang mengurangi pengiriman barang pada kuartal keempat.(Adhi teguh)