Tahun 2018 Metromini Akan Berhenti Beroperasi

Foto: dishub.jakarta.go.id

IVOOX.id, Jakarta – Keberadaan metromini bagi warga Jakarta tentunya sudah bukan hal yang tabuh, bus bercorak khas warna oranye ini menjadi salah satu transportasi bagi warga Jakarta untuk melakukan aktivitas.

Warga Jakarta pun masih antusias untuk menggunakan Metromini hingga saat ini, walaupun saat ini angkutan kota tersebut sudah sedikit sehingga membutuhkan waktu yang agak lama saat menungunya.

Kabar sedih pun datang untuk para pengguna Metromini, menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Andi Yansyah bahwa tahun 2018 Metromini Akan Berhenti Beroperasi.

Alasan tersebut adalah karena usia kendaraan yang sudah melebihi batasnya, sehingga harus ditarik dari peredaran.

“Ini memang sudah menjadi ketentuan dalam 3 tahun, nantinya akan dihilangkan secara bertahap. Bukan hanya Metromini saja, namun bus lainnya yang habis masa berlakunya akan di hilangkan. Untuk Metromini mungkin akhir tahun 2018,” ujar Andri

Untuk penarikan Metromini tersebut pihak Dishub DKI Jakarta akan menggunakan cara dengan tidak mengeluarkan izin operasi yang baru, sehingga nantinya armada Metromini akan secara bertahap hilang dengan sendirinya.

Menurut Andri, jika mengacu pada Peraturan Daerah No. 5 tahun 2014 tentang Transportasi maka Metromini sebenarnya sudah tidak diperbolehkan beroperasi sejak tahun 2016.

“Jadi nanti ini kan akan bertahap. Kalau waktu itu kita lakukan penindakan tahun 2016, kan kasihan masyarakat,” ucap Andri.

Keberadaan Metromini bagi sebagian masyarakat Jakarta dinilai meresahkan, kadang para supir Metromini berkendara secara ugal-ugalan sehingga kerap menimbulkan kecelakaan.

Namun dibalik semua itu, keberadaan Metromini sangat membantu masyarakat Jakarta akan kebutuhan transportasi publik yang terjangkau.

Semoga nantinya akan ada transportasi publik yang dapat menggantikan Metromini dengan ciri khas yang sama yaitu berwarna oranye. [mh]