Singkirkan Porto 1-4, Liverpool Tantang Barcelona di Semifinal Liga Champions

IVOOX.id, Porto – Liverpool bakal menghadapi Barcelona di babak semifinal Liga Champions setelah menundukkan tuan rumah FC Porto 4-1, Kamis (18/4) dini hari WIB.

Kemenangan telak 4-1 itu membuat Liverpool lolos ke semifinal dengan bekal agregat 6-1. Di babak semifinal, mereka akan berjumpa raksasa Spanyol, Barcelona, yang telah lebih dulu memastikan melaju ke semifinal dengan menyingkirkan Manchester United.

Liverpool berhasil unggul 1-0 lewat Sadio Mane di menit ke-26. Gol ini terjadi setelah kemelut tercipta di depan gawang Iker Casillas.

Saat Mohamed Salah menguasai bola, ada banyak pemain belakang Porto yang mengadang jalur tembakan. Namun Salah dengan jeli melihat posisi Mane yang berdiri bebas tanpa kawalan.

Salah mengirim umpan ke Mane yang berhasil mencetak gol sambil menjatuhkan diri.

Secara keseluruhan, Porto sejatinya lebih dominan dalam penciptaan peluang dibandingkan Liverpool di laga ini hingga pertengahan babak kedua. Namun Porto tidak bisa mengubah peluang tersebut menjadi gol.

Di menit ke-65, Salah berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Salah mencetak gol setelah memanfaatkan umpan dari Trent Alexander-Arnold.

Alexander-Arnold melepaskan umpan terobosan yang membuat Salah berhadapan satu lawan satu dengan Casillas. Penyerang asal Mesir ini dengan tenang menaklukkan Casillas lewat tendangan mendatar.

Empat menit kemudian, Eder Militao berhasil memperkecil skor menjadi 1-2 setelah ia menaklukkan Alisson Becker. Gol Militao ternyata tidak menjadi momentum kebangkitan bagi Porto melainkan malah membangkitkan semangat Liverpool untuk mencetak gol balasan.

Liverpool sukses memberikan dua gol balasan berikutnya lewat Roberto Firmino di menit ke-77 dan Virgil van Dijk di menit ke-84. Liverpool mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 4-1.

Kemenangan ini memastikan langkah Liverpool melaju ke babak semifinal dengan agregat 6-1.

Susunan pemain kedua tim :

FC Porto (4-3-3) : Iker Casillas; Eder Militao, Pepe, Felipe, Alex Telles; Otavio (Tiquinho), Danilo Pereira, Hector Herrera; Jesus Corona (Fernando Santos), Moussa Marega, Yacine Brahimi (Bruno Costa).

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold (Joe Gomez), Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (Jordan Henderson); Georginio Wijnaldum, Fabinho, James Milner; Mohamed Salah, Divock Origi (Roberto Firmino), Sadio Mane. (luthfi ardi)