October 23, 2019

Sertipikat Tanah Terbit, Perekonomian Melejit!

IVOOX.id, Menado -- Itulah yang dirasakan oleh Risma (40) dan Hesti (48), warga Kota Manado. Sertipikat tanahnya yang telah terbit tahun lalu telah diagunkan untuk memperoleh modal usaha kecil mereka.

.

"Kalau tidak ada sertipikat, bisa pinjam maksimal 2 juta rupiah, kalau ada sertipikat bisa pinjam 20 juta rupiah untuk modal," ungkap Risma saat ditemui usai memberikan testimoni pada penyerahan sertipikat untuk Rakyat di Graha Bumi Beringin, Kota Manado, Kamis (04/07).

.

Risma bercerita dia mempunyai usaha pembuatan kecap dirumahnya. Awalnya hanya beromset ratusan ribu rupiah sebulan. "Kini bisalah untuk menyekolahkan  anak-anak dan menabung untuk masa depan," ungkapnya malu-malu.

.

Sedangkan Hesti (48) mempunyai usaha kelontong yang semula warung kecil-kecilan di depan rumahnya. Kini dengan sertipikat, dia sudah bisa membuka toko kelontong di bilangan daerah Singkil.

.

Modal berupa uang memang bukan segalanya dalam membangun usaha. Diperlukan tekad dan kegigihan untuk mengembangkan usaha yang awalnya kecil menjadi berkembang. Namun tanpa suntikan dana, usaha kecil akan cenderung jalan di tempat. Tentu saja pengelolaan dana harus dilakukan dengan benar dan penuh kehati-hatian bila tidak maka akan jadi bumerang.

0 comments

    Leave a Reply